nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Kali Kamu Harus Mandi Dalam Sehari?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 23 481 1926283 berapa-kali-kamu-harus-mandi-dalam-sehari-WyklHbUkdZ.jpg Mandi (Shutterstock)

KAPAN terakhir kali Anda mandi? Tadi pagi, kemarin malam, atau bahkan saat makan siang? Sebagian orang biasanya akan menjawab kurang dari 24 jam yang lalu. Memang, selama ini tidak ada protokol resmi yang mengatur seberapa sering Anda harus mandi.

Apalagi setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki cara tersendiri untuk membersihkan badan mereka. Misalnya masyarakat India, Amerika Serikat, Spanyol, dan Meksiko yang diketahui hanya satu kali mandi dalam sehari, menggunakan atau tanpa sabun sama sekali.

 Baca juga: 6 Orang Ini Punya Bagian Tubuh Tambahan, dari 2 Muka hingga 16 Jari Kaki
Mandi

Melansir dari Insider, Selasa (24/7/2018), sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh pengguna Reddit "AskAnAmerican" mengatakan bahwa mereka bisa mandi hingga dua kali sehari, tergantung seberapa sering mereka berolahraga. Sementara di Brasil, di mana suhu bisa melebihi 37 derajat celcius pada musim panas, membuat penduduk lokal mandi hingga lebih dari 11 kali dalam seminggu.

Pertanyaannya sekarang, apakah guyuran air dan busa sabun diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?

Tidak panduan resmi

The American Academy of Dermatology memberi saran kepada para setiap orangtua bahwa mereka bisa membersihkan badan tergantung seberapa kotor dan bau badan mereka. Jika mereka tidak terlalu kotor, mereka hanya direkomendasikan setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu.

 Baca juga: Awas Buaya Darat, Ini 9 Tanda Pria Benar-Benar Menyukai Kamu, Ladies!

Sementara untuk anak-anak berusia 6-11 tahun, tubuh mereka diklaim membutuhkan sejumlah bakteri untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Namun setelah mereka menginjak usia 12 tahu, anjuran ini harus segera dihentikan. AAD berasumsi, sebagian besar orang cenderung rutin membersihkan badan mereka setiap hari, terutama saat mereka mencapai pubertas.

Kenyataannya adalah, kita mungkin tidak perlu mandi sesering itu.

 Mandi (Shutterstock)

Mengupas kelembapan kulit

Sabun diciptakan untuk menarik kotoran dan minyak dari kulit. Benda ini diciptakan dari hasil kombinasi lemak dan minyak khusus yang mengandung zat alkalin, di mana ia bisa larut di dalam air seperti garam atau baking soda.Kedua ujung molek sabun kemudian akan bekerja sama untuk menarik lemak dan minyak dari kulit Anda, dan melepaskannya ke dalam air.

 Baca juga: 5 Zodiak yang Dikenal Egois dan Nyebelin Banget

Sedangkan sampo yang selama ini digunakan untuk membilas rambut, sebetulnya berfungsi untuk menghilangkan minyak esensial yang ada pada kulit kepala dan rambut. Itulah sebabnya sebagian besar ahli rambut, menganjurkan Anda untuk keramas paling tidak setiap dua atau tiga hari sekali.

Ketika rambut kehilangan minak alami lalu dilanjutkan dengan proses scrubbing menggunakan air panas, hal ini justru akan membuat kulit menjadi lebih kering. Hal ini sebaiknya dihindari bagi mereka yang tinggal di negara dengan 4 musim.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini