5 Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Secara Online

Hessy Trishandiani, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 12 1926761 5-cara-jitu-mendapatkan-tiket-pesawat-murah-secara-online-xtBAKEwozl.jpg Ilustrasi bepergian dengan pesawat (Foto: Pexels)

SEIRING dengan perkembangan teknologi, moda transportasi pesawat pun semakin populer. Terlebih, makin banyak situs jual beli tiket pesawat yang memberikan kemudahan untuk naik pesawat. Nah, untuk kamu yang ingin bepergian dengan pesawat, ini lima cara mendapatkan tiket pesawat murah secara online.

1. Perhatikan waktu pembelian tiket pesawat

Setiap hari memang sama, tidak ada yang lebih baik maupun lebih buruk. Namun, untuk membeli tiket pesawat secara online, kamu wajib memerhatikan hari-hari tertentu. Bahkan bulan tertentu.

Apa pun urusan dan kebutuhannya, pastikan Anda memilih waktu terbang yang tepat. Hindari akhir pekan, momen liburan, dan hari-hari sibuk untuk perjalanan bisnis. Pada akhir pekan, harga tiket pesawat biasanya akan mengalami kenaikan. Begitu juga di saat liburan.

Selain kedua waktu tersebut, harga tiket pesawat juga akan lebih mahal pada hari Senin. Sebab banyak orang melakukan perjalanan bisnis pada awal pekan. Hindari untuk memilih tanggal penerbangan pada saat-saat tersebut. Sebab Anda akan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Namun, jika Anda memang harus bepergian pada salah satu waktu di atas, memilih jam penerbangan yang tepat adalah langkah yang bijak untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Terbang pada saat-saat jam sibuk tentu akan membuat Anda harus membayar lebih mahal.

Jadi, akan sangat tepat jika Anda memilih jam terbang paling awal, atau paling pagi atau bisa juga malah memilih paling malam. Sebab harga tiket pesawat pada jam-jam seperti ini akan lebih murah daripada harga jam-jam sibuk antara pagi hingga sore hari.

2. Manfaatkan bandara transit

Maksudnya bandara transit? Begini penjelasannya: Indonesia jelas berada tak jauh dari Singapura, negara yang bandara Internasional selalu menjadi tempat transit penerbangan jarak jauh.

Ini tips sudah banyak dilakukan oleh para traveller dengan membeli tiket penerbangan untuk terbang dari bandara transit dibanding dari bandara di negaranya, dengan alasan lebih murah.

Contohnya, Bila Anda ingin ke Korea Selatan, maka beli tiket untuk terbang dari Jakarta ke Singapura terlebih dahulu, kemudian beli tiket untuk lanjut terbang dari Singapura ke Korea Selatan. Jika dibandingkan, harganya bakal lebih murah dibanding beli tiket langsung dari Jakarta ke Korea Selatan.

Perhatikan juga bahwa terbang dari bandara kecil juga disebut lebih murah, meski makan waktu lebih panjang.

3.Utamakan membeli tiket keberangkatan lebih dulu

Jika Anda sulit untuk mendapatkan tiket murah untuk perjalanan pulang-pergi, akan sangat tepat bila Anda membeli tiket ini secara terpisah saja, atau tidak bersamaan. Menyesuaikan harga yang murah untuk keberangkatan dan kepulangan sekaligus sering menjadi pekerjaan yang sulit.

Untuk itu, tidak ada salahnya membeli tiket keberangkatan terlebih dahulu, terutama jika Anda telah mendapatkan harga yang murah. Anda bisa membeli tiket kepulangan pada lain waktu saat Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi dengan mencari informasi penawaran yang terbaru. Agar Anda mendapatkan tiket murah di luar momen diskon, selalu cari informasi tiket paling akurat dan terkini secara online.

4. Perhatikan detail saat pembelian

Mulai dari nama, tanggal lahir, sampai airlines detail adalah hal yang wajib kamu perhatikan saat pembelian tiket pesawat secara online. Jangan sampai, ada detail yang salah ataupun tidak sesuai, sebab bukan tidak mungkin Anda bisa mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan detail tersebut. Dikutip dari Blog Traveloka, infografis di bawah ini menjelaskan detil yang perlu diperhatikan ketika membeli tiket pesawat.

Sumber : https://blog.traveloka.com/infografik/traveloka-bocorkan-3-cara-jitu-pesan-tiket-pesawat/

5. Perhatikan saat keberangkatan

Ini juga tidak kalah penting. Pada saat keberangkatan, Anda sebaiknya memerhatikan boarding pass, hingga airlines yang akan dinaiki. Alih-alih ingin berhemat dengan tiket pesawat yang lebih murah, namun hanya karena Anda tertinggal pesawat, Anda malah harus membeli tiket yang baru.

Setelah memerhatikan poin-poin di atas, kamu pasti bisa mendapat penawaran harga terbaik, proses perjalanan dengan pesawat pun bisa kamu lalui dengan mudah, aman, dan nyaman.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini