nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Balikan dengan Mantan? Baca Dulu Nasihat Ahli Percintaan Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 196 1926547 mau-balikan-dengan-mantan-baca-dulu-nasihat-ahli-percintaan-ini-EeCwGH507K.jpg Mantan minta balikan (Foto:Ilustrasi/Vixendaily)

TIDAK selalu ada alasan jahat untuk putus dengan seseorang. Kadang-kadang, perpisahan terjadi karena kesepakatan bersama bahwa waktunya tidak berjalan untuk Anda berdua.

Dalam keadaan seperti ini, kembali bersama setelah masa 'move-on' tidak begitu terbayangkan. Masuk akal untuk terhubung kembali jika salah satu dari Anda harus pindah ke kota yang berbeda dan kemudian menghubungkan kembali beberapa tahun kemudian ketika Anda tinggal di tempat yang sama lagi. Atau mungkin satu orang masih terpaku pada hubungan sebelumnya ketika Anda bertemu dan membutuhkan waktu untuk melewati itu.

Intinya adalah, ada banyak alasan Anda mungkin ingin terhubung kembali dengan mantan. Masalahnya di sini, hal Ini bukan sesuatu yang mudah untuk dikakukan.

BACA JUGA:

Titi Kamal, Luna Maya hingga Chelsea Islan Ikutan Tren Make-Up Freckles, Lebih Cantik Siapa?

Menurut Nicole Richardson, ahli terapi dan hubungan, untuk mencari tahu cara terbaik untuk kembali bersama dengan mantan, apakah itu ide yang baik atau buruk, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

"Ingatlah bahwa ini bukan sesutau yang dimulai dari awal. Anda berdua datang dengan gagasan tentang bagaimana ini bisa berakhir sebelumnya dan tentu di sana ada rasa sakit," kata Richardson kepada Elite Daily. Sangat penting untuk mencoba dan mengatasi rasa kesal itu terlebih dulu dan tidak mengabaikan perasaan itu di awal.

Richardson menyarankan agar Anda masuk ke dalam hubungan yang siap menghadapi masalah yang mungkin pernah Anda hadapi di masa lalu. Jadi, mengenali masalah yang pernah terjadi sebelumnya menjadi langkah awal yang mesti dilakukan. Mengenang masa lalu dan mencoba memperbaikinya menjadi cara yang sangat dewasa untuk memulai kembali cinta yang pernah ada sebelumnya.

"Anda berdua semoga belajar beberapa hal tentang kehidupan dan diri Anda sendiri, tetapi tidak mungkin bahwa Anda berdua orang yang sangat berbeda," kata Richardson. "Cobalah untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat di sekitar komunikasi Anda dan bicarakan mengenai resolusi konflik yang matang," tambahnya.

Perlu ditegaskan di sini bahwa Anda jangan berpikir tentang kapan momen "balikan" itu akan terjadi. Jika penyebab putusnya hubungan Anda bersahabat, Anda mungkin akan lebih mudah untuk kembali bersama tapi kalau sebaliknya?

Menurut Journal of Social and Personal Relationships, lebih dari sepertiga pasangan yang tinggal bersama dan seperlima dari pasangan yang sudah menikah yang disurvei telah pisah sebelum hidup bersama atau menikah. Itu berarti kembali bersama bukanlah ide yang buruk. Mendapatkan kembali cinta sang mantan adalah sesuatu yang baik, terlebih jika Anda sudah muak dengan awal kisah cinta.

"Mendapatkan kembali cinta sang mantan bisa terasa seperti mengenakan sepasang jeans favorit tua," kata Richardson. "Ini familiar dan menyenangkan, tapi ada alasan sang mantan juga mungkin sudah tak begitu memiliki perasaan dengan Anda," terang Richardson.

BACA JUGA:

Penuhi Asupan Otak dan Mental dengan 5 Makanan Ini, Jangan Sampai Jadi Lemot!

Dia mengatakan bahwa sebelum Anda berdamai dengan mantan, pastikan Anda benar-benar ingin menjalin hubungan dengan orang itu dan Anda tidak akan kembali hanya karena "sudah nyaman dan akrab."

Ricahrdson menjelaskan bahwa kembali bersama dengan mantan dapat menimbulkan rasa aman, normal, dan benar. Tetapi jika Anda memiliki masalah yang sudah ada sejak perpisahan pertama Anda, mereka tidak selalu menyelesaikan masalah itu. Jadi, masalah memang sudah harus selesai terlebih dulu, ya.

Tapi yang jelas, menjajal balikan lagi dengan mantan bukan hal yang mustahil. Sebab, memulai kembali meski pernah ada perpisahan tak selamanya membawa awan kelabu kembali, tapi bisa saja membawa pelangi setelah hujan badai.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini