Banyak Orang Indonesia Medical Tourism ke Jepang, Kebanyakan Sakit Apa?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 196 1926707 banyak-orang-indonesia-medical-tourism-ke-jepang-kebanyakan-sakit-apa-x828s0lPnv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEROBAT sekaligus berwisata ke negara lain tengah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi tujuan favorite adalah Jepang.

Saat ini banyak pasien dari Indonesia yang datang ke Negeri Sakura untuk melakukan medical tourism. Banyak masyarakat menganggap bahwa sistem pelayanan kesehatan di Jepang memadai.

President Japan Medical Instrument Co Ltd Hiroo Seki mengatakan, belakangan ini banyak pasien Indonesia yang datang ke Jepang untuk medical tourism. Di sana banyak tersedia rumah sakit dengan fasilitas memadai, terlebih dari sisi alat kesehatan.

"Ada banyak pasien Indonesia yanh pergi ke Jepang karena di sini kekurangan rumah sakit. Sementara di Jepang ada lebih dari 8.000 rumah sakit dan penduduk lebih sedikit," ujar Hiroo saat ditemui di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Baca Juga: Pria Ini Nekat Lamar Kekasih di Hadapan 80 Ribu Penonton Bola dan Presiden Jokowi, Simak Videonya!

Hiroo menambahkan, jika dibandingkan rumah sakit di Indonesia tentu lebih sedikit. Menurutnya, Indonesia hanya memiliki 2.000 rumah sakit yang umumnya belum punya alat kesehatan berteknologi canggih.

"Untuk solusinya, kami ajak pemerintah Indonesia untuk membangun klinik-klinik kecil dengan teknologi dan tenaga medis berbasis Jepang di sini. Ini jelas menguntungkan dari kedua pihak," tambahnya.

Director RS Khusus Bedah Halimun dr Briliantono Munardi, SpOT, MD, PhD menjelaskan, banyak pasien berkunjung ke Jepang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Umumnya mereka menderita penyakit degeneratif dan beberapa pasien ada yang menderita tumor.

"Penyakit yang paling banyaknya degeneratif dan tumor. Penderitanya mulai anak-anak, dewasa dan orang tua," terang dr Briliantono.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Suplemen Minyak Ikan Tidak Membawa Manfaat untuk Jantung, Ini Penjelasannya!

Hiroo melanjutkan, pemerintah Jepang mendukung baik adanya program medical tourism yang diperkenalkan sejak beberapa tahun belakangan. Mereka pun mempersilakan pasien dari Indonesia untuk melakukan kegiatan itu demi kesembuhan yang pasti.

"Kami ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Negara Indonesia di hatinya orang Jepang itu dinilai baik," pungkas Hiroo.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini