nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Peralatan Rumah Tangga yang Jadi Sarang Bakteri, Jangan Lupa Dibersihkan ya

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 23:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 24 196 1926741 4-peralatan-rumah-tangga-yang-jadi-sarang-bakteri-jangan-lupa-dibersihkan-ya-x9s1bA2O6h.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANDA tentunya memiliki berbagai perabotan rumah tangga yang modern dan canggih yang dapat mempermudah menyelesaikan berbagai macam kegiatan sehari-hari di rumah. Selain mudah digunakan, barang-barang canggih ini akan membuat waktu Anda menjadi lebih fleksibel.

Namun jangan sampai terkecoh akibat segudang kepraktisan yang ditawarkan beberapa barang ini. Anda wajib memberikan perhatian dan perawatan khusus agar hal ini tidak menimbulkan bahaya yang akan mengganggu kesehatan.

Menyadur dari Daily Record, peralatan rumah tangga ini dapat menimbulkan bahaya bagi penggunanya jika tidak rajin dirawat dan dibersihkan secara teratur.

Baca Juga: Awas Buaya Darat, Ini 9 Tanda Pria Benar-Benar Menyukai Kamu, Ladies!

1. Kulkas

Penelitian telah menemukan beberapa bakteri seperti E. coli, salmonella dan listeria terdapat pada kulkas. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami keracunan makanan, gangguan perut dan gejala flu. Bakteri tersebut tumbuh subur pada sup yang tumpah, air dari daging dan sisa-sisa makanan lainnya.

2. Mesin cuci

Kehadiran mesin cuci membuat masyarakat menjadi malas membersihkan pakaian mereka secara manual. Kecenderungan untuk mengurangi deterjen dan air supaya lebih ramah lingkungan membuat kuman dan bakteri dapat bertahan hidup selama proses pencucian.

Penelitian menunjukkan 44 persen dari mesin cuci mengandung E. coli dan beberapa bakteri lain seperti staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan bisul dan ruam.

Baca Juga: Pria Ini Nekat Lamar Kekasih di Hadapan 80 Ribu Penonton Bola dan Presiden Jokowi, Simak Videonya!

3. Oven

Penumpukan lemak, minyak dan kotoran dapat menjadi sarang bakteri untuk tumbuh. Sebuah studi menemukan lebih banyak bakteri pada pegangan oven ketimbang kursi toilet. Ada baiknya jika Anda membersihkan oven Anda setiap hari. Jika memang jarang dipakai, ada baiknya untuk membersihkannya selama sebulan sekali.

4. Microwave

Microwave merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Alhasil tumpahan makanan atau minuman sering dijumpai ada dalam microwave. Tentunya ini akan menyediakan tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh. Jika Anda menggunakan microwave untuk mencairkan daging mentah, air yang keluar dari daging akan membawa bakteri E coli dan salmonella.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini