nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Orang Korea Selalu Makan Pizza dengan Acar?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 20:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 298 1926679 kenapa-orang-korea-selalu-makan-pizza-dengan-acar-gMxtMUIDR7.jpg Pizza Korea (Foto: Nextshark)

SETIAP masyarakat di sebuah negara memiliki kebudayaan masing-masing, salah satunya dalam menyantap sebuah hidangan. Tengok saja masyarakat di Korea Selatan, yang memiliki kebiasaan makan yang mungkin dipandang unik oleh orang-orang non-Korea.

Cara makan yang unik dari masyarakat Negeri Ginseng yang disinggung di atas ialah, soal cara orang Korea dalam menyantap hidangan pizza. Tahukah Anda, bahwa sajian pizza di Korea itu disajikan lengkap dengan menggunakan pickles alias acar?

Yup! Untuk mayoritas penduduk Korea Selatan, pizza itu paling enak disajikan bersama dengan acar. Di mana, kebiasaan atau tren satu ini mungkin dipandang jadi sesuatu yang tak biasa untuk masyarakat dari negara lain, terutama orang-orang Barat.

 BACA JUGA:

Mengenal Penyebab Sakit Pinggang dan Macam-Macam Obatnya

Lalu kenapa acar? Well, ternyata alasannya ialah karena untuk mengurangi atau menurunkan rasa yang kaya dari pizza itu sendiri. Disebutkan oleh salah satu anggota kelompok ibu untuk anak-anak Korea Amerika, Kimchi Mamas, ia memperhatikan memang orang-orang Barat bertanya mengapa pizza di Korea datang disajikan dengan sebotol acar, yang membuat sebagian orang menganggap hal ini adalah sesuatu yang menjijikkan dan berpikir bahwa kombinasi pizza dan acar adalah sesuatu yang tak masuk akal.

Disebutkan, pada dasarnya orang Korea itu cukup sulit untuk menikmati padanan keju, butter, dan bahan-bahan lainnya yang terdapat di makanan Barat. Akan tetapi, rasa yang 'kaya dan berat' dari makanan Barat salah satunya pizza bisa terasa lebih baik ketika dimakan bersama sesuatu yang bisa mengurangi hal tersebut.

Jika awalnya, kimchi yang dituju setelah makan pasta atau pizza. maka sekarang para perusahaan produsen pizza memilih untuk memberikan acar yang punya cita rasa kurang lebih sama dengan kimchi untuk tujuan yang sama namun lebih praktis.

Soal acar ini, disebutkan pada dasarnya di Korea sendiri acar selalu disajikan bersama dengan hidangan pasta karena orang Korea menemukan saus pasta (terutama yang lembut dan creamy seperti alfredo) rasanya terlalu berat untuk dimakan sendiri. Maka dari itu, diseimbangkan dengan potongan acar yang segar.

Tren makan pizza bersama acar ini, juga telah menyebar kepada orang-orang non-Korea. Contohnya, Dan Myers, editor di The Daily Meal, mendorong orang untuk menaruh acar di atas pizza, Dan menyebutkan padanan acar dan pizza sebagai "kombinasi rasa yang sempurna"

 BACA JUGA:

Makan Ceker Ayam Bisa Bikin Awet Muda Lho, Ini Penjelasannya

"Paduan acara dimakan bersama pizza itu berhasil dengan baik, karena kesederhanaan dari acara. Banyak orang sudah memasarkan pizza mereka dengan kombinasi yang lain seperti pisang, zaitun, dan sarden, dan acar ini sendiri terasa cocok dan pas. Pertemuan antara lelehan keju, pinggiran pizza yang garing, saus pizza yang tajam, dan acar asin? Perpaduan 'surga'," ujar Dan, sebagaimana dikutip Nextshark, Selasa (24/7/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini