nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari ketika Pesan Makanan Penutup

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 24 298 1926715 5-kesalahan-dasar-yang-harus-dihindari-ketika-pesan-makanan-penutup-6awVoJccdL.jpg Dessert (Foto: Healthandfitness)

TAHUKAH Anda memesan makanan penutup itu terkadang agak sulit? Maka dari itu, memesan makanan penutup yang tepat memang ada kiatnya tersendiri, agar bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan dasar yang biasanya terjadi saat memesan makanan penutup alias dessert.

Nah, apa saja sih kesalahan dasar yang harus dihindari saat memesan sajian dessert? Melansir Ndtv, Rabu (25/7/2018) berikut kiat ketika memesan hidangan makanan penutup yang dituturkan oleh Janmejay Sachdeva, selaku City Pastry Chef of Social, Smoke House Deli, dan Salt Water Cafe

 BACA JUGA:

Lupakan Salt Bae, Ini 'Dewa' Memasak dari Asia Tidak Kalah Nyentrik

Hindari memesan makanan penutup yang berat setelah santap malam 

Kita orang Indonesia, tidak berbeda jauh dengan orang India di mana punya kebiasaan makan malam menyantap hidangan yang berat penuh karbohidrat. Nah, jika sudah menyantap makan malam yang berat penuh karbohidrat dan kalori, saat ingin menyantap dessert, hindari memesan atau menyantap dessert yang juga berat contohnya yang dasarnya menggunakan based susu. Makan malam sudah berat, lalu dessert juga berat maka dapat menyebabkan perut terasa kembung dan gelisah. Jadi, pastikan untuk menyeimbangkan makan malam ringan dan dessert berat atau makan malam berat dengan pencuci mulut ringan.

Bijak memangkan makanan penutup dengan makanan utama

Memasangkan jenis pencuci mulut yang tepat dengan hidangan utama adalah salah satu hal terpenting yang harus diingat orang. Artinya, jika telah memesan atau berencana untuk memesan sesuatu yang tajam seperti hidangan kari berbasis saus tomat, maka hindari pergi untuk makanan penutup mengandung sitrat atau tajam seperti lemon tart atau sorbet rasa lime, karena akan memunculkan rasa asam di perut atau masalah lambung.

Menganggap gelato adalah es krim 

Ini adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan saat memesan makanan penutup. Setiap campuran semi-padat berbasis susu bukanlah es krim, bahkan bisa menjadi gelato atau mousse. Penting untuk mengetahui perbedaan antara gelato dan es krim. Gelato berasal dari keluarga yang sama dengan es krim, tetapi ini adalah versi yang lebih padat, yang lebih berat daripada es krim dan cukup membuat kenyang. Selain itu, gelato tidak mengendap seperti es krim karena meleleh sangat cepat.

Tidak bertanya kandungan bahan-bahan sebelum memesan

Saat memesan makanan penutup, jangan malu untuk bertanya apa saja bahan-bahan di dalamnya. Umumnya, kita kerap memesan makanan penutup dengan hanya memilih tampilan visualnya atau malah kadang-kadang hanya dengan namanya saja, tanpa mengetahui apa bahan-bahannya.

Perhatikan bahan-bahannya, terutama Anda yang memiliki alergi terhadap makanan seperti selai kacang, kopi, cokelat, gluten, atau vegan. Jadi jika Anda tidak toleran terhadap gluten dan memesan mousse cokelat, Anda bisa mengalami masalah karena dasar adonan mousse bisa dibuat dari tepung. Jadi, selalu lebih baik bertanya tentang bahan makanan penutup yang dipesan ya!

Mengandalkan best-seller sebagai pilihan paling tepat

Bayangkan saat kita memesan pencuci mulut paling laris di kafe atau restoran, tanpa tahu persis apa dessert itu sebenarnya. Sudah menunggu lama, tetapi ternyata yang datang tersaji adalah hanya kue cokelat sederhana. Kecewa kan? Maka dari itu, selalulah ingat bahwa dessert paling laris di setiap restoran atau kafe itu tidak melulu berarti hidangan makanan penutup mewah yang patut ditunggu dalam waktu lama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini