Ini 6 Manfaat Berciuman bagi Kesehatan Tubuh Anda

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 481 1926468 ini-6-manfaat-berciuman-bagi-kesehatan-tubuh-anda-lAAwyFC8XH.jpg Manfaat Ciuman (Foto: MadameNoire)

SEBAGIAN orang mungkin merasa hal ini tabu untuk dibicarakan. Namun kenyataannya, berciuman memiliki sederet manfaat tidak hanya untuk hubungan Anda dan pasangan, tetapi juga bagi kesehatan.

"Berciuman adalah isyarat yang intim dan membantu memperdalam cinta dan hubungan antara dua orang. Ini karena hormon dopamin dan oksitosin dilepaskan saat berciuman, terutama saat berciuman dengan cara sensual, pikirkan French kiss," kata pakar kencan dan hubungan Madeleine Mason dikutip dari Independent, Selasa (24/7/2018).

Baca Juga :

Seseorang disarankan untuk melakukan French kiss selama 15 menit untuk merilis hormon dopamin dan oksitosin. Selain itu, inilah beberapa manfaat rutin berciuman.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meski pertukaran air liur selama ciuman 10 detik yang penuh gairah memunculkan 80 juta bakteri, nyatanya Anda lebih mungkin tertukar penyakit karena berjabat tangan daripada berciuman. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa berciuman dapat meningkatkan kekebalan wanita dari Cytomegalovirus yang pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat lahir.

Mengurangi kecemasan

Ciuman juga dapat mengurangi kecemasan dan stres karena menurunkan kortisol dan meningkatkan kadar serotonin di otak. Berciuman juga disebut memiliki manfaat serupa dengan meditasi yang membantu seseorang merasa lebih tenang.

Menurunkan tekanan darah

Saat berciuman, pembuluh darah di bibir membesar sehingga penyebaran darah diarahkan ke area wajah dan menjauh dari bagian tubuh lainnya termasuk jantung, yang kemudian menghasiklkan tekanan darah rendah. Ditambah dengan kondisi jantung yang berdebar karena rasa gembira, aliran darah meningkat sehingga mengurangi tekanan darah tinggi.

Melatih otot wajah

Berciuman menggunakan hingga 30 otot yang bekerja, sehingga dapat membuat otot wajah menjadi kencang tanpa perlu usaha yang besar.

Bagus untuk kesehatan gigi

Bertukar air liur saat berciuman dapat membantu menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi Anda. Terlebih saat memiliki banyak air liur di mulut, sisa-sisa makanan di gigi dapat tersingkirkan dengan mudah.

Memperkuat hubungan

Berciuman dapat melepaskan hormon oksitoksi atau hormon cinta, sehingga membuat dua orang yang melakukannya lebih percaya satu sama lain. Berciuman juga melepaskan hormon dopamin yang memperkuat perasaan keterikatan yang romantis. Kontak fisik semacam ini menjadi bahasa cinta yang membuat seseorang merasa dihargai dan dicintai.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini