Kenali Milia Benjolan Kecil Berwarna Putih di Mata, Berbahaya Kah?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 481 1926892 kenali-milia-benjolan-kecil-berwarna-putih-di-mata-berbahaya-kah-rKEfq8CjHu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda memiliki benjolan kecil berwarna putih atau kuning di wajah? Entah itu di bawah atau kelopak mata, hidung maupun pipi. Jika iya itu tandanya wajah Anda ditumbuhi milia. Berbeda dengan jerawat, milia merupakan benjolan keras yang terbentuk di bawah kulit dan tergolong kista kecil.

Milia berkembang ketika potongan-potongan sel kulit mati terperangkap di bawah kulit dan menciptakan benjolan putih kecil yang sangat keras. Milia biasanya berukuran hingga 2 mm. Benjolan ini bisa terjadi pada anak kecil sampai orang dewasa. Akan tetapi, milia lebih sering dimiliki oleh bayi baru lahir.

Biasanya, milia akan sembuh atau hilang dengan sendirinya dalam waktu 4 minggu tanpa memerlukan perawatan dan tanpa jaringan parut. Pada orang dewasa, waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama. Namun pada dasarnya milia tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan pengobatan.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Lebih Banyak Kesenangan dari Payudara Saat Bercinta

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti alasan milia dapat muncul dan jumlah pada orang tertentu lebih banyak. Beberapa laporan menyatakan bila penggunaan produk kulit yang keras atau berat dapat menyebabkan milia. Demikian seperti yang dilansir dari Health, Rabu (25/7/2018).

Selain itu, milia juga berkaitan dengan kondisi kesehatan lain, obat-obatan tertentu, dan trauma kulit, seperti luka bakar, ruam, dermabrasi, serta bahkan tato. Pada beberapa orang yang tidak nyaman dengan milia, mungkin mereka berusaha menghilangkannya dengan berbagai cara yang belum tentu aman.

Oleh karenanya, disarankan bagi mereka yang ingin menghilangkan milia untuk mengunjungi dokter kulit guna melakukan ekstraksi. Alasannya karena milia benar-benar menempel pada kulit.

Baca Juga: Pengantin Ini Sajikan Makanan Sisa Kepada Para Tamu Undangan

Selain itu, membilas wajah dengan air hangat dapat membantu melembutkan permukaan luar milia sehingga dokter kulit dapat mengangkatnya dengan lebih mudah. Mengukus dapat membuka pori-pori walaupun tidak akan menyingkirkan milia.

Sementara itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa obat-obatan dengan kandungan vitamin A yang disebut retinoid dapat membantu menghapus milia dengan lebih mudah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini