nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semakin Tua, Orang Makin Malas Update Lagu Baru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 25 196 1927009 semakin-tua-orang-makin-malas-update-lagu-baru-GqUNtKxO2z.jpg Mendengarkan musik (Foto: Mashupcorner)

MULAI merasa jenuh untuk mendengarkan lagu-lagu atau jenis musik baru? Atau mungkin Anda cenderung mendengarkan lagu yang itu-itu saja di playlist? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang juga punya kecenderungan serupa terutama kamu-kamu yang berusia di atas 28 tahun.

Fakta tersebut diungkap belum lama ini oleh layanan streaming lagu, Deezer. Layanan yang berpusat di Paris, Prancis, itu menuturkan bahwa rata-rata usia orang untuk mencapai fase ‘musical paralysis’ adalah 27 tahun 11 bulan.

 BACA JUGA:

SBY-Prabowo Bertemu Bahas Politik, Dresscode Batik Jawa Tengahan Jadi Sorotan

Melansir dari Channel News Asia, Rabu (25/7/2018), seseorang yang memasuki usia 27 tahun 11 bulan cenderung mendengar lagu yang itu-itu saja di playlist dan enggan mengeksplor genre musik lain. Sebaliknya, kegemaran mendengar musik baru rata-rata ada di usia 25 tahun. Pada usia tersebut, seseorang rata-rata mendengar hingga 10 lagu baru setiap hari.

Survei tersebut dilakukan oleh Deezer terhadap 5.000 pelanggannya yang tersebar di Brasil, Inggris Raya, Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat (AS). Orang-orang Brasil lebih cepat mencapai fase musical paralysis pada usia 23 tahun 2 bulan, sementara orang Jerman lebih lama, yakni 31 tahun.

 

Jadwal kerja yang padat menjadi alasan utama mengapa orang-orang enggan mendengar genre musik baru. Alasan lain yang diungkapkan adalah kesibukan merawat anak dan kewalahan dalam memilih jenis musik didengarkan. Kendati demikian, para responden tetap berharap telinganya masih mampu beradaptasi dengan berbagai genre musik baru yang terus bermunculan.

Survei tersebut dirilis oleh Deezer dalam rangka peluncuran fitur barunya, Flow. Lewat fitur baru tersebut, pengguna bisa menggabungkan lagu-lagu favorit dengan single baru yang direkomendasikan oleh Deezer berdasarkan pilihan-pilihan sebelumnya.

 BACA JUGA:

Kolaborasi dengan Converse, seperti Ini Sneakers Rancangan BTS

Generasi milenial boleh bersyukur karena diberkahi dengan layanan streaming musik yang beragam dengan keunggulan fitur masing-masing. Selain Deezer, kamu pasti mengenal Spotify, Joox, Apple Music, dan Melon (Korea Selatan). Deezer sendiri tercatat memiliki 14 juta pengguna aktif bulanan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini