nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ibu Bahagia Itu Sangat Mudah, Psikolog: Hanya Butuh Satu Hal Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 196 1927010 jadi-ibu-bahagia-itu-sangat-mudah-psikolog-hanya-butuh-satu-hal-ini-TQfIX6L84N.jpg Kunci menjadi ibu bahagia (Foto:Ist)

 

JIKA ditanya apa sih yang bisa membuat seorang ibu bahagia? Mungkin kebanyakan dari Anda di luar sana akan menjawab, "melihat anaknya tumbuh sehat dan bahagia", bukan begitu?

Jika jawaban Anda mantap di sana, maka sebaiknya pernyataan psikolog ini mesti diperhatikan baik-baik. Sebab, ada konsep yang kemudian diabaikan banyak ibu di luar sana.

Ditegaskan Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada satu hal yang mesti digarisbawahi setiap ibu di luar sana. "Bahagia itu pilihan, moms," kata Vera, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 24 Juli 2018.

BACA JUGA:

Ladies, Ini 3 Tips Biar Cepat Dilamar Pacar Kamu

Vera menjelaskan bahwa menjadi ibu yang bahagia adalah ketika Anda memilih untuk bahagia. Bahagia itu bukan sekadar jalanan lengang dan pekerjaan lancar, bahagia itu bukan karena nilai anak menjadi yang terbaik di sekolahnya, atau bahagia itu bukan soal pujian.

"Ingat, Anda mesti memiliki konsep ini; Saya bahagia karena saya memilih bahagia," singkat Vera.

Psikolog ini menuturkan, Anda sebagai ibu tidak akan pernah merasa puas dengan bahagia yang hanya dinilai dari aspek di atas. Akan sangat sulit untuk bisa mencapainya, karena Anda menaruh kebahagiaan di sisi orang lain dan itu bukan konsep yang tepat.

 

Konsep bersyukur pun mesti diselipkan di sini. Menurut Vera, dengan menerima apa yang Anda punya sekarang, maka Anda tidak akan memaksakan suatu keinginan.

BACA JUGA:

Lupakan Salt Bae, Ini 'Dewa' Memasak dari Asia Tidak Kalah Nyentrik

Bukti seorang ibu menitikberatkan kebahagiaan di luar dirinya bisa dilihat saat dia memesan makanan di rumah makan. "Hayo, ibu pasti membiarkan suaminya memesan dan anaknya sudah pasti pilih apa pun yang dia makan. Nah, ibunya kapan pesan? Ibunya makan apa?" kata Vera menyadarkan.

Dia menegaskan bahwa jika Anda ingin memerhatikan diri sendri, maka ibu harus ngurus diri sendiri juga. Jadi, ya, ibu pun mesti memesan makanan apa yang diingin. Jangan kemudian hanya mengonsumsi makanan yang dipesan atau malah makan makanan sisa!

"Hal kecil seperti ini sudah seharusnya diperhatikan setiap ibu. Ibu harus memerhatikan dirinya sendiri, jangan selalu ngurusin orang lain. Coba deh Anda renungkan," papar Vera.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini