nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Batasi Anak Pakai Gadget ala Novita Angie, Bisa Dicoba Moms

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 13:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 25 196 1927103 trik-batasi-anak-pakai-gadget-ala-novita-angie-bisa-dicoba-moms-N7x0fyDioV.jpg Cara batasi anak main gadget (Foto:Brock)

ANAK Anda sudah tidak bisa lepas dari gadget? Anda mesti waspada dengan kondisi ini karena ketika si kecil sudah kecanduan, maka banyak dampak negatif yang akan diterima.

Tapi, menjauhkan si kecil dengan ponsel pintarnya pun bukan perkara mudah. Apalagi ketika kondisinya sudah seperti ini; anak mau makan jika dia ditemani ponsel pintarnya.

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk mulai membatasi penggunaan gadget pada anak? Anda mesti sadar juga bahwa kondisi zaman digital seperti ini pun mesti diperkenalkan ke anak supaya dia tidak tertinggal jauh dengan generasinya.

Nah, Selebriti Novita Angie memiliki trik khusus untuk membatasi penggunaan ponsel ini pada kedua anaknya, Jeremy Cornelius dan Jemima Jasmine. Seperti apa trik Novita?

BACA JUGA:

Gemar Makan Ikan Laut, Ini 7 Kebaikan yang Bakal Kamu Dapat

"Anak aku bawa ponsel ke sekolah btw," terang Novita saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018). Fakta ini juga perlu disadari semua orangtua bahwa gadget si anak pun kadang dibutuhkan untuk mempermudah mereka mengakses segala informasi dan tentunya yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-harinya, termasuk di sekolah.

Ketika tahu anak membawa ponsel ke sekolah, maka yang dilakukan Novita adalah membatasi penggunaannya ketika di rumah. Jadi, Novita menjelaskan bahwa dirinya punya aturan main sendiri mengenai pemakaian ponsel ini.

 

"Saat si anak sudah berada di rumah, maka ponsel akan ada di kamar saya (orangtua) dan segala aktivitas penggunaan ponsel harus di kamar saya. Termasuk nge-charge hp pun harus di kamar saya," tegas Angie.

Kemudian, bagaimana jika si anak harus mengakses ponselnya untuk mengetahui kabar sekolah?

BACA JUGA:

SBY-Prabowo Bertemu, Dresscode Batik Jawa Tengahan Jadi Sorotan

Angie menuturkan, jika situasinya seperti itu, maka si anak diwajibkan untuk meminta izin terlebih dulu. Si anak wajib menjelaskan apa yang menjadi alasan sampai dirinya harus menggunakan ponselnya. Ketika alasan diterima, misal masalah sekolah, maka penggunaannya pun harus di kamar.

"Itu pun sepengawasan saya dan ketika ini terjadi di malam hari, maka ada batasan waktu juga untuk anak-anak saya menggunakan ponsel tersebut," papar Angie.

Jadi, sebetulnya dengan ketegasan dan peraturan yang dibuat orangtua, akan membuat si anak akan terbiasa dengan aturan main tersebut. Memberikan penjelasan dan pemahaman dengan baik kepada anak kenapa hal itu dilakukan pun menjadi poin penting.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini