Yang Enak dari Aceh, Seruput Kopi Sanger di Coffe Shop Langganan Menteri Jokowi

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 298 1927261 yang-enak-dari-aceh-seruput-kopi-sanger-di-coffe-shop-langganan-menteri-jokowi-45I1ncSRtU.jpg Kopi Sanger Atjeh Connection (Foto: Ist)

RINDU dengan masakan khas Aceh? Tidak usah khawatir. Walau pun berada di Jakarta, Anda tetap bisa menikmati kuliner khas kota Serambi Makkah Tersebut. Salah satunya adalah Atjeh Connection, restoran sekaligus coffe shop khusus menebus rasa kangen pecinta kuliner Aceh.

Coffe Shop itu berada di salah satu kawasan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta. Mereka menghadirkan beragam jenis kuliner khas Serambi Makkah tanpa menghilangkan rasa aslinya, bahkan diolah langsung dari tangan warga Aceh dan bumbu asli Aceh.

Beda dengan resto khas Aceh lainnya, resto ini memiliki kelebihan dalam pemakaian bumbu rempah-rempah, apalagi masakan Aceh dikenal dengan penggunaan rempah-rempah yang menghasilkan rasa yang tajam.

Dengan mengutamakan citarasa aslinya, mulai dari pedas, asem, berbumbu, dan asin inilah membuat pemilik resto Atjeh Connection, Amir Faisal ingin menghadirkan makanan Aceh sekaligus untuk melestarikan warisan kuliner asal daerahnya.

"Awalnya memang saya hobby makan, lalu saya iseng kenapa gak buka restoran Aceh. Awalnya kami membuka restoran di apartemen Slipi, namun karena kebutuhan tempatnya sempit, dan tamu alhamdulilahnya makin rame, jadi kami memutuskan untuk membuka cabang, salah satunya di Sarinah ini, " jelas Amir.

Hingga kini, Atjeh Connection sudah hadir di empat lokasi yaitu di Apartemen Slipi, Sarinah Thamrin, SCBD dan juga Jalan Sabang. Tak hanya menjual aneka makanan dan kue asal Aceh, namun restoran ini menjadi pelopor kopi Aceh Sanger yakni kopi khas Aceh dimana kopi ini akhirnya menjadi menu favorit di coffee shop miliknya.

Amir menceritakan kopi sanger merupakan sajian kopi susu dari Aceh dengan konsep "saling pengertian" yang awalnya diciptakan untuk kalangan mahasiswa. Kopi ini disajikan dengan perbandingan kadar susu yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan kopinya. Jadi, tidak menghilangkan rasa khas kopi itu sendiri.

Tak hanya itu, ada pula sajian mie Aceh, ayam tangkap, roti jala dan aneka kue seperti kue timpan, kue Adee yang juga menjadi favorit pengunjung. Makanan dari resto ini sendiri berkisar harga mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu untuk jenis makanan dan minuman.

Restoran yang mulai buka pukul 07.00 pagi ini, pengunjungnya tak hanya kalangan mayarakat biasa, namun menteri seperti Rini Sumarno hingga pejabat lainnya sering mampir dan ngopi di restoran yang miliki konsep desain unik.

"Memang kebanyakan yang datang pegawai BUMN hingga tokoh-tokoh politik. Beberapa kali bu Rini soemarno juga sering kesini," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini