nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sajikan Kopi Sebagai Gaya Hidup, Kemampuan Barista di Daerah Ditingkatkan

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 21:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 298 1927343 sajikan-kopi-sebagai-gaya-hidup-kemampuan-barista-di-daerah-ditingkatkan-R7SUJ3DZUi.jpeg Ilustrasi (Foto: Medium)

KEDAI kopi mulai dari konsep yang sederhana hingga modern semakin menjamur. Kedai-kedai kopi ini seakan berlomba menawarkan rasa otentik dari aneka ragam kopi lokal.

Hanya saja, meski kedai kopi menjamur, namun tingkatan standard Barista (sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi) masih sangat minim. Mayoritas, barista ini membuat kopi masih ala kadarnya. Kondisi inilah yang mendorong Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) memberikan pelatihan pada pengusaha kedai kopi dan para Barista di Kabupaten Karanganyar.

Saat ini profesi sebagai peracik kopi (barista) makin diminati, khususnya di kalangan anak muda masa kini. Hal tersebut sebagai imbas meningkatkan kesenangan masyarakat untuk mengonsumsi minuman tersebut.

Ketua Masyarakat Kopi Indonesia, Eddy Panggabean, sampaikan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan skill peserta dalam meracik kopi dengan fokus pada 12 unit kompetensi yang berakitan dengan peningkatan kemampuan dalam meracik kopi.

 (Baca Juga:5 Miliarder Ini Tidak Ingin Mewariskan Hartanya Kepada sang Anak)

"Workshop ini bertujuan untuk bagaimana (bartender) meningkatkan skill dalam meracik kopi dengan fokus pada 12 (dua belas) unit kompetensi yang berakitan dengan peningkatan kemampuan dalam meracik kopi," tutur Edy, di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (25/7/2018).

Kompetensi tersebut meliputi mengelola bahan baku, mengelola peralatan dan perlengkapan, mengelola area kerja, menangani pelanggan, mengoperasikan peralatan dan memutakhirkan pengetahuan tentang kopi.

"Workshop ini diharapkan dapat memberi nilai tambah serta standarisasi bagi para pelaku kreatif di bidang kopi dalam menyajikannya di kedai-kedai, atau kafe kopi dengan brand asal Indonesia " tuturnya.

 (Baca Juga:4 Gaya Liburan Mewah Zaskia Gotik di Eropa)

Perkembangan kedai kopi yang semakin tumbuh pesat, menunjukkan jika saat ini minum kopi di kafe telah menjadi gaya hidup, sehingga tidak heran jika profesi barista ini terbilang fenomenal.

Sementara itu Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Poppy Savitri sampaikan demi menjaga eksistensi dan konsistensi bisnis ini, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif menggelar acara 1001 kopi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Karanganyar.

"Selama ini Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Dan BEKRAF berupaya memaksimalkan potensi kopi Indonesia menjadi gaya hidup agar ekosistem industri kopi menjadi semakin kuat," tuturnya.

Dengan adanya pelatihan ini, bisa memberikan edukasi kepada para pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner khususnya kopi tentang bagaimana cara mengembangkan usahanya, konsep untuk pembukaan kedai kopi atau kafe, desain yang menarik untuk tempat usaha dan produk menarik, pemasaran yang efektif, serta pengelolaan secara profesional.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini