10 Trik Memotong Bawang Merah Tanpa Menangis, Dijamin Ampuh Semua

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 298 1927370 10-trik-memotong-bawang-merah-tanpa-menangis-dijamin-ampuh-semua-jZHAjjM0WI.jpg Ilustrasi (Foto: Yahoo)

MEMASAK adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun bagi sebagian orang, kegiatan ini cenderung merepotkan jika mereka tidak mengetahui teknik memasak yang tepat. Misalnya perkara memotong bawang merah yang sering dihindari karena menimbulkan efek perih saat dipotong.

Ini karena bawang melepaskan enzim yang kemudian membentuk asam dan terurai menjadi gas, atau dikenal dengan istilah propanethiol S-oksida. Enzim tersebut menyebabkan iritasi pada kelenjar lakrimal mata, yang akan menibulkan rasa perih dan air mata.

Nah, jika Anda ingin menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 10 trik agar tak menangis saat mengiris bawang. Seperti dilansir dari Times of India, Kamis (26/7/2018).

Iris bawang putih di dekat lilin

Salah satu cara terampuh untuk menghindari iritasi mata saat mengiris bawang adalah, mengirisnya di dekat api kecil seperti lilin. Senyawa sulfur akan segera bereaksi ketika ada suhu panas di dekatnya.

 (Baca Juga:5 Miliarder Ini Tidak Ingin Mewariskan Hartanya Kepada sang Anak)


Sambil makan roti

Mengunyah sepotong roti juga ampuh untuk menghilangkan air mata saat memotong bawang. Pasalnya, senyawa sulfur akan diserap oleh roti sebelum mereka mencapai mata Anda.

Kunyah permen karet

Selain roti, Anda juga bisa mengunyah permen karet untuk membantu bernapas melalui mulut. Dengan demikian iritasi yang disebabkan oleh senyawa sulfur tidak akan mengenai bagian hidung Anda.

 

Bekukan bawang

Bekukan bawang selama kurang lebih 15 menit sebelum Anda memotongnya. Cara ini akan memperlambat reaksi dan mengurangi jumlah enzim asam ke udara.

 (Baca Juga:Keracunan Eyeliner, 3 Anak di Australia Dilarikan ke Rumah Sakit)

Gunakan pelindung mata

Kenakanlah sepasang kacamata seperti google atau pelindung mata yang Anda punya saat memotong bawang. Tujuannya adalah untuk melindungi mata Anda dari reaksi sulfur yang menjadi penyebab iritasi.

Gunakan pisau yang tajam

Memotong bawang dengan pisau tajam ternyata dapat mengurangi kerusakan pada dinding sel bawang. Dalam arti lain, mata Anda tidak akan mengalami iritasi yang berlebihan.

 

Microwave

Panaskanlah bawang selama kurang lebih 45 detik di dalam microwave sebelum memotongnya. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi efek iritasi karena senyawa sulfurnya sudah diurai.

Sendok

Jika Anda tidak ingin mencucurkan air mata saat memotong bawang, masukkan ujung sendok ke mulut Anda.

Potonglah di bawah air mengalir

Memotong bawang di bawah alir mengalir akan mencegah senaywa sulfur mencapai mata Anda. Dengan demikian Anda tidak akan menangis ketika memotongnya.

Air perasan lemon

Terakhir, Anda bisa menambahkan air perasan lemon pada permukaan pisau sebelum memotong bawang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini