nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gemar Makan Ikan Laut, Ini 7 Kebaikan yang Bakal Kamu Dapat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 481 1927064 gemar-makan-ikan-laut-ini-7-kebaikan-yang-bakal-kamu-dapat-WwZweWl7JT.jpg Gemar makan ikan (Foto: Genesmart)

MAKAN ikan laut sangat dianjurkan bagi setiap orang, terutama kalangan anak-anak. Sebab, ikan punya banyak manfaat yang melimpah dan kebaikan nutrisinya tak diragukan lagi.

Ikan laut identik mengandung sumber protein dan vitamin D. Ada juga zat gizi lain, seperti lemak baik, asam lemak omega-3, vitamin A dan lain sebagainya.

Karena itu, ikan selalu dianggap lebih sehat daripada daging sapi atau daging unggas. Manfaatnya baik untuk menjaga kesehatan, khususnya untuk melawan penyakit serius dalam jangka panjang.

Anda perlu tahu sejumlah manfaat konsumsi ikan langsung yang seharusnya dimakan setiap hari. Berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite, Rabu (25/7/2018).

 BACA JUGA:

Jadi Ibu Bahagia Itu Sangat Mudah, Psikolog: Hanya Butuh Satu Hal Ini!

Menurunkan penyakit jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menyebutkan, konsumsi ikan dikaitkan dengan risiko penurunan penyakit jantung koroner yang fatal. Karenanya, ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang sehat, yang mampu mengurangi peradangan dan mencegah Anda dari penyakit kronis.

 

Sumber vitamin D yang luar biasa

Vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Menurut National Institutes of Health, ikan dianggap sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D alami untuk mencegah risiko rapuhnya tulang dan menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan fungsi penglihatan

Ikan adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang harus dikonsumsi. Otak dan mata harus mendapatkan asupan nutrisi itu agar fungsinya meningkat. Paling tidka dalam sehari Anda harus makan ikan segar satu porsi dipadukan bersama sayuran sebagai sumber serat.

Melawan depresi

Berdasarkan studi yang dipublikasi dari Journal of Psychiatry & Neuroscience, minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi. Ketika Anda makan ikan ada pelepasan hormon serotonin yang mampu melawan rasa cemas, stress, panik, hingga mengekang emosi.

Menghilangkan Jerawat

Ikan dapat membantu menghilangkan jerawat dari kulit Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BioMed Central, kandungan nutrisi dari ikan juga bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang-orang dengan jerawat, dari kondisi sedang sampai parah.

 

Meningkatkan metabolisme

Studi dari Departemen Kesehatan Manusia dan Ilmu Gizi di University of Guelph menyebutkan, asam lemak omega-3 yang berlimpah dalam ikan, memiliki efek positif pada metabolisme Anda. Lemak sehat itu mampu meningkatkan produksi metabolisme dalam tubuh dan dapat mengoksidasi lemak, khsusunya pada wanita yang lebih tua.

 BACA JUGA:

7 Alasan Kenapa Bali Sangat Dicintai Turis Asing, Salah Satunya Dianggap Tempat Terbaik untuk Me Time

Mengurangi gejala PMS

Wanita setiap akan menstruasi sering mengeluh nyeri, kram di bagian perut, sakit pinggang, dan sebagainya. Untuk meminimalisir gangguan tersebut, Anda juga disarankan untuk konsumsi ikan secara rutin. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology, ikan juga dapat membantu dengan gejala pramenstruasi pada wanita. Itu berkat kandungan omega-3 yang baik dan mudah dicerna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini