Roti Pita Topping Bayam Bagus buat si Kecil biar Enggak Gampang Sakit

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 481 1927071 roti-pita-topping-bayam-bagus-buat-si-kecil-biar-enggak-gampang-sakit-0D3JxNemFz.jpg Roti pita isi bayam (Foto: Youtube)

BAYAM salah satu jenis sayuran hijau yang wajib dikonsumsi anak-anak. Nutrisinya sarat akan kebaikan khusus, seperti antioksidan yang mampu mencegah segala macam penyakit.

Karena itu, Moms jangan remehkan nutrisi yang dikandung oleh segenggam bayam. Umumnya, mengandung zat besi, tinggi folat, vitamin A, sumber serat dan antioksidan yang baik. Uniknya lagi, sayur bayam juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak si kecil.

Di samping itu, ada sejumlah manfaat lain ketika anak mengonsumsi bayam secara teratur. Berikut ulasannya dilansir Thehealthsite, Rabu (25/7/2018).

1. Meningkatkan kesehatan mata

Bayam dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata. Karena sayuran hijau tersebut mengandung dua zat antioksidan, yang terdiri dari lutein dan zeaxanthin. Keduanya mampu meningkatkan fungsi penglihatan mata. Selain itu, antioksidan ini disimpan di area makula yang bertindak sebagai tabir surya alami.

 

2. Memperlambat penuaan

Bayam hijau juga mengandung antioksidan yang memerangi stres oksidatif. Stres oksidatif tersebut yang mempercepat penuaan. Selain itu, stres oksidatif juga menyebabkan banyak penyakit neurodegeneratif seperti penyakit parkinson, kanker, sindrom kelelahan kronis, gagal jantung dan banyak penyakit lainnya.

 BACA JUGA:

7 Alasan Kenapa Bali Sangat Dicintai Turis Asing, Salah Satunya Dianggap Tempat Terbaik untuk Me Time

3. Tingkatkan sistem kekebalan Anda

Makan bayam juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalab tubuh. Khususnya bagi anak-anak yang rentan sakit. Para ahli membeberkan bahwa segenggam sayur bayam itu menjadi sumber yang kaya vitamin A dan vitamin K, juga ada sumber kalsium, seng, serat, besi, folat, dan lainnya.

4. Meningkatkan fungsi otak si kecil

Kandungan besi sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf yang efisien. Sementara kandungan zinc dari bayam penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini sangat menguntungkan untuk mereka yang tengah mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Moms, juga bisa menyontek resep berikut supaya anak mau makan bayam. Olahan bayam yang satu ini bisa dimakan untuk camilan si kecil di waktu senggang. Camilan itu berupa olahan bayam dicampur dengan jagung, kemudian dipadukan dengan roti dan diberi topping saus pizza. Yummy!

Bahan-bahannya adalah:

3 cup bayam hijau

100 gram tepung paneer

1 buah bawang merah dipotong kecil

8 cup cincang jamur

1/4 sdm lada

Garam secukupnya

4 roti gandum utuh

1/2 cup jagung rebus

1 buah tomat dicincang halus

1/2 buah paprika hijau cincang halus

1 sdt bumbu pizza

1 sdm bawang putih dicincang halus

Mentega

Roti pita

Metode pembuatan:

1. Panaskan sedikit mentega. Tambahkan bawang, bawang putih, tomat, paprika hijau, dan irisan jamur.

2. Tambahkan bayam dan jagung, lalu masak selama satu menit dan simpan dalam mangkuk.

3. Tambahkan parutan parut dan garam keju olahan untuk merasakan sejumput bubuk lada dan bumbu pizza.

4. Potong roti menjadi dua, keluarkan roti dari tengahnya dan oleskan mentega ke dalamnya.

5. Panggang roti dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat, selama lima menit.

6. Tempatkan isian di atas roti pita dan hiasi dengan bumbu tomat, keju dan pizza.

7. Panggang lagi sampai matang. Sajikan camilan itu dalam keadaan hangat untuk si kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini