nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keracunan Eyeliner, 3 Anak di Australia Dilarikan ke Rumah Sakit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 15:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 481 1927135 keracunan-eyeliner-3-anak-di-australia-dilarikan-ke-rumah-sakit-JbITQgVgKQ.jpg Ilustrasi (Foto: Womensedge)

ANDA rutin menggunakan make-up? Jika memang, sudah waktunya Anda mulai lebih aware dengan kebersihan dan produk itu sendiri.

Pasalnya, tidak semua alat make-up itu cocok dengan kulit manusia. Terlebih pada mereka yang punya kondisi kulit super sensitif, salah pilih kosmetik bisa menyebabkan dampak buruk, bahkan membahayakan nyawa Anda.

Seperti yang terjadi pada tiga anak di Sydney, Australia. Mereka terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat paparan timbal dari produk eyeliner buatan Pakistan yang mereka beli di toko produk khas India dan Pakistan. Kasus ini lalu bikin geger media sosial.

 (Baca Juga: Nyeri dan Sakit saat PMS? Coba Lebih Rajin Makan Ikan)

Setelah diteliti, produk bermerek Hashmi Kohl tersebut mengandung 84 persen timah dan tingkat logam seperti arsenik, kadmium, kromium dan merkuri yang sangat tinggi. Kandungan ini ketika bersentuhan langsung dengan kulit akan memberi dampak yang buruk.

 

Kasus ini pun meluas hingga ke meja hijau. Matt Kean, tokoh otoritas New South Wales, Australia mendakwa pihak perusahaan eyeliner tersebut sebagai pembohong.

"Beberapa kemasan produk ini bahkan secara khusus menyatakan tidak ada kandungan timbal, yang merupakan kebohongan total," kata Kean dalam sebuah pernyataan dikutip dari News, Rabu (25/7/2018).

 (Baca Juga:Selain Nikmat, Mandi Air Hangat Punya 4 Keuntungan Lebih Loh)

Anak-anak yang rupanya berasal dari keluarga yang sama, diketahui jatuh sakit setelah menggunakan produk buatan Pakistan tersebut. Dokter yang merawat mereka menemukan adanya peningkatan kadar timbal dalam darah pasien dan membuat otoritas negara bagian NSW melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Perlu Anda ketahui, dalam jumlah besar, keracunan timbal dapat berakibat fatal seperti kejang-kejang hingga kematian. Efek ini bukan hanya terjadi pada anak-anak, tapi juga bisa terjadi orang dewasa.

Diketahui, produk-produk Kohl kebanyakan dijual di toko yang menjual barang-barang khas India dan Pakistan, yang sebelumnya telah dilarang dijual di Amerika Serikat. Regulator Amerika Serikat juga telah memberikan peringatan pada produk impor kosmetik mata merek Kohl karena memiliki kadar timbal yang tinggi dan menggunakan label palsu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini