nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Melewatkan Sarapan Justru Membuat Badan Makin Melar

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 05:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 25 481 1927151 sering-melewatkan-sarapan-justru-membuat-badan-makin-melar-lB7JvUocwY.jpg Ilustrasi melewatkan sarapan (Foto: Usnews)

KARENA alasan sibuk atau perut mulas, banyak orang yang malas sarapan. Padahal banyak efek samping yang dihadapi, terutama merugikan kesehatan. Salah satunya ialah cepat memicu bau mulut lho.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan dampak dari meninggalkan sarapan. Dengan alasan sarapan jadi takut gemuk, tidak punya waktu banyak untuk makan, bangun kesiangan dan lain sebagainya.

Terlepas dari alasan itu, banyak penelitian telah membuktikan bahwa melewatkan sarapan tidak baik untuk kesehatan. Berikut bahayanya yang harus Anda ketahui, dilansir Timesofindia, Kamis (26/7/2018).

 BACA JUGA:

Konsumsi Telur Pecah Sama Saja seperti Makan Ayam Tiren, Ini Penjelasan Dinkes

Berisiko alami diabetes

Saat Anda terbiasa tidak sarapan membuat Anda mudah mengalami diabetes. Apalagi bagi kaum hawa, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan, bahwa wanita yang tidak makan sarapan memiliki risiko 20% lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Itu sebabnya saat Anda tidak sarapan membuat Anda mengalami gangguan intoleransi glukosa, prediabetes, hingga berujung diabetes.

Tubuh jadi cepat gemuk

Orang biasanya takut sarapan karen atakut gemuk. Padahal sebaliknya, orang yang sarapan justru bisa menjaga berat badan supaya tetap ideal. Namun, pilihan makanannya harus menyehatkan, yang mengandung sumber serat, protein, karbohidrat kompleks. Perlu dicatat, saat sarapan jangan makan terlalu kenyang.

 

Berdampak pada metabolisme Anda

Melewatkan sarapan juga dikaitkan dengan penurunan metabolisme. Tubuh Anda jadi tidak mudah mengompensasi pembatasan kalori. Jika Anda tidak makan untuk durasi yang lebih lama, itu juga akan memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk membakar kalori.

Lebih cepat marah

Ada benarnya saat tidak sarapan jadi bikin Anda mudah marah. Emosi jadi tidak terkontrol karena perut lapar. Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang tidak melewatkan sarapan justru suasana hatinya tetap stbil. Sebaliknya, saat meninggalkan kebiasaan sarapan dapat menurunkan kadar gula darah, menyebabkan iritabilitas dan dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

 BACA JUGA:

Gemar Makan Ikan Laut, Ini 7 Kebaikan yang Bakal Kamu Dapat

Bau mulut

Waduh, orang yang tidak sarapan cenderung mudah mengalami bau mulut. Sebabnya ialah ketika orang makan di pagi hari dapat merangsang produksi air liur, serta membantu menghilangkan bakteri dari lidah Anda. Sebaliknya, jika Anda malas makan pagi cenderung mudah mengalami bau mulut yang mengganggu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini