nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penyebab Miss V Kering saat Berhubungan Seks, Simak Tips Mengatasinya!

Maimun Saleh (Koran Sindo), Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 23:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 25 481 1927165 5-penyebab-miss-v-kering-saat-berhubungan-seks-simak-tips-mengatasinya-IiKliRPzL1.jpg Berhubungan Seksual (Foto: Ist)

MISS V kering saat berhubungan seks bisa menjadi masalah. Seks menjadi kurang nikmat, bahkan cenderung menyakitkan. Lalu, apa penyebab Miss V kering saat berhubungan seks? Ada beberapa alasan Miss V kering saat berhubungan seks. Masalahnya adalah jarang ada yang pernah membicarakannya karena ragu atau malu.

Di sini kita mencari tahu penyebab Miss V kering saat berhubungan seks dari dokter kandungan Vanessa Mackay. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Healthista, Rabu (25/7/2018).

Mendekati masa menopause

Alasan paling umum Miss V kering adalah wanita telah mendekati masa menopause. Hormon estrogen berperan menjaga Miss V terlumasi, tetapi selama menopause atau menjelang itu, kadar estrogen dapat berubah-ubah hingga akhirnya menurun. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan suasana hati, muka memerah, kelelahan, keringat berlebihan di malam hari, penambahan berat badan dan Miss V kering.

Wanita tidak cukup terangsang

Jika Anda tidak cukup terangsang saat berhubungan seks, Miss V mungkin tidak menghasilkan cukup pelumas alami sendiri. Kuncinya adalah foreplay sebelum berhubungan seks. Melakukan foreplay 10 menit sebelum berhubungan seks dapat membuat wanita cukup terangsang.

Sedang menstruasi

Tingkat kadar estrogen menurun ketika wanita berada di periode menstruasi. Sama dengan menopause, ketika kadar estrogen menurun, maka Miss V akan kering. Kabar baiknya, kadar estrogen akan mulai naik kembali setelah menstruasi, jadi efeknya hanya sementara.

Anda baru mempunyai bayi

Menyusui atau melahirkan dapat menyebabkan Miss V kering, sayangnya ini tidak banyak diketahui oleh wanita. Tingkat estrogen dapat menurun sementara setelah melahirkan sehingga membuat Miss V kering.

Stres

Stres juga bisa menyebabkan Miss V kering. Hal ini masuk akal, karena stres adalah salah satu penyebab menurunnya hasrat untuk berhubungan seks.

Tips untuk mengatasi Miss V kering

Setelah Anda memastikan bila kondisi mendis bukanlah penyebab Miss V kering, Dr Mackay merekomendasikan mencoba gel yang menghidrasi. Tapi, pastikan gel itu diformulasikan untuk daerah Miss V.

"Karena mencoba mengatasi Miss V kering dengan krim atau gel yang tidak cocok untuk area sensitif vagina dapat memperburuk keadaan. Pelumas vagina adalah cairan atau gel yang bisa Anda aplikasikan ke vagina sebelum berhubungan seks, di mana itu menawarkan pembasahan segera," jelasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini