nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Buang Sisa Air Cucian Beras, Ini 9 Khasiatnya untuk Kecantikan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 26 194 1927612 jangan-buang-sisa-air-cucian-beras-ini-9-khasiatnya-untuk-kecantikan-nTi0WpNiWH.jpg Air beras (Foto: Timesofindia)

BERAS merupakan salah satu makanan pokok penduduk Indonesia. Masyarakat Indonesia memasak beras menjadi nasi untuk teman bersantap aneka lauk pauk dan sayur mayur. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, beras juga mengandung gula yang dapat diubah tubuh menjadi energi.

Berbicara soal beras, pasti Anda selalu memiliki kebiasaan mencucinya sebelum di masak. Lantas kemana kah Anda membuang air cucian beras tersebut? Banyak orang awam yang belum mengetahui manfaat air cucian beras untuk kesehatan. Ya, air cucian beras ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Merangkum dari Times of India, Kamis (26/7/2018), Berikut adalah beberapa manfaat air cucian beras bagi kesehatan kulit.

BACA JUGA:

Kenalin Nih Tukang Sunat Tercantik Sedunia, Mau Disunat Lagi?

Mencerahkan kulit wajah

Air beras kaya akan vitamin B dan memiliki komponen yang disebut 'inositol' yang membantu mendorong pertumbuhan sel dan juga memperlancar aliran darah, menghasilkan kulit wajah yang jernih.

 

Air beras dapat melembutkan kulit

Air beras adalah zat pelembut yang sangat baik untuk kulit. Mereka dapat menghilangkan sel-sel mati dan membentuk kulit yang mulus dan lembut.

Dapat digunakan sebagai toner alami

Jika Anda telah menggunakan toner kulit yang telah diproses secara kimia, cobalah versi -alaminya dalam bentuk air beras. Ini tidak hanya akan menghaluskan kulit wajah tetapi juga akan membuatnya bersinar.

Mampu menghilangkan jerawat

Dianjurkan untuk mengolesi air beras menggunakan bola kapas untuk menghilangkan jerawat. Penggunaan air beras secara teratur mengurangi kemerahan dan tanda bekas luka.

Membantu menyembuhkan eksim

Menurut dermatologists, pati yang terkandung dalam air beras membantu menyembuhkan sel-sel kulit mati pada eksim. Mereka menyarankan untuk menggunakan air beras segar selama 15-20 hari di daerah yang terinfeksi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Membuat kulit bersinar

Lupakan produk kecantikan yang mahal dan gunakan air beras selama 15 menit sebelum tidur di malam hari. Gunakan air ini secara teratur selama 1 bulan dan akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah dari sebelumnya.

 

Mampu mengobati kulit terbakar dan peradangan

Menurut dokter, air beras adalah obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan kulit terbakar dan peradangan kulit akibat panas yang hebat. Penggunaan air beras dengan lembut dua kali sehari disarankan untuk mengobati kasus-kasus kecil.

Mengobati dermatitis

Menurut sebuah penelitian di Brussels University, pasien yang menderita dermatitis atopik mengalami penyembuhan sebesar 20% setelah menggunakan air beras sebagai komponen mandi dua kali sehari.

 (Baca Juga: Kucing Ini Miliki 4 Telinga 1 Mata, Video & Fotonya Jadi Viral)

Mencegah kerusakan rambut

Menurut penelitian terbaru, air beras mengandung inositol, sejenis karbohidrat yang efektif dalam meningkatkan gesekan permukaan, merusak sel, dan elastisitas rambut.

So, dengan segudang manfaat air beras, biasakanlah diri untuk mengaplikasikan obat alami ini untuk kesehatan kulit. Tentunya penggunaan air beras, jauh lebih aman dan murah ketimbang harus membeli produk-produk kecantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini