nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Problematika Mom Zaman Now vs Mom Zaman Old dari Kacamata Psikolog!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 10:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 26 196 1927530 problematika-mom-zaman-now-vs-mom-zaman-old-dari-kacamata-psikolog-lyFqIrIwJZ.jpg Pengasuhan anak dulu dan sekarang (Foto:Boldsky)

 

MASALAH generasi sekarang akan berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini yang kemudian membuat karakter di antara keduanya berbeda. Mana yang terbaik?

Melihat generasi sekarang di kota besar, banyak hal yang berubah dari generasi sebelumnya. Mulai dari gaya hidup, pola pikir, sampai bagaimana sikap yang diambil. Semua ini tentunya dipengaruhi salah satunya oleh perubahan zaman. Ya, era digital memberi perubahan yang cukup berarti.

Hal ini juga yang dijelaskan Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada beberapa problem yang kemudian membuat mom zaman now berbeda dengan mom zaman old. Dari pemaparan ini, Anda pun akan sadar bahwa perubahan itu terjadi karena pembaharuan dan juga tentunya banyak nilai yang bisa diambil dari generasi old.

 BACA JUGA:

Nampang di Cover Vogue dalam 4 Versi, Sehun 'EXO' Cetak Rekor Penjualan Terlaris

Vera memaparkan perbedaan yang mencolok bisa dilihat dari sisi anak. Tidak bisa dipungkiri, anak sekarang itu "anak canggih". Mereka sudah "dipaksa" melek teknologi, karena jika tidak maka yang bakal terjadi adalah perbedaan sosial.

"Tidak melulu masalah teknologi yang semakin melek, anak zaman now juga gizinya sudah semakin baik. Hal ini salah satunya karena orangtuanya semakin cerdas, sehingga dia memerhatikan dengan baik bagaimana gizi di keluarganya," papar Vera saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pengetahuan yang membaik ini salah satunya juga dikarenakan informasi yang bertebaran di internet. Menyisihkan waktu sebentar untuk berselancar di internet - mengetahui informasi yang positif - menjadi cara yang menyenangkan untuk memperkaya pengetahuan. Bukankah ini manfaat baik dari penggunaan gadget?

Selain itu, anak zaman now juga lebih kritis! Ini terbukti dari pemikiran mereka yang semakin terbuka dan memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. "Perbedaan yang cukup terasa memang terlihat di pola pikir anak. Mereka yang tergolong anak zaman old biasanya nurut. Anak zaman sekarang? Anda tahu jawabannya," sambung Vera.

Nah, perubahan ini juga bisa dikarenakan pola asuh orangtua yang berbeda. Sadar atau tidak, pola asuh orangtua zaman old itu banyak menyisipkan kekhawatiran dan ketakutan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya larangan yang diterapkan meski alasannya tidak jelas.

BACA JUGA:

5 Miliarder Ini Tidak Ingin Mewariskan Hartanya Kepada sang Anak

Vera melanjutkan, pola asuh orangtua zaman now lebih ke arah terbuka dan ekspresif. Itu kenapa banyak akhirnya anak yang berani menyeritakan kehidupan ke orangtuanya. "Curhat ke orangtua itu bukan sebuah ketakutan bagi anak zaman now dan ini yang kemudian membuat sikap ekspresif terbentuk," ungkapnya.

Sementara itu, tantangan dari lingkungan antara kedua generasi ini pun berbeda. Hal yang paling terlihat jelas adalah penggunaan gadget bagi anak balita. "Anak-anak kecil sekarang ponsel pintar sudah seperti baju, nempel terus!" tegas Vera. Makanya gadget bisa dibilang "teman terbaik" anak sekarang.

Hal ini tentunya berdampak buruk. Maka dari itu, orangtua mesti cerdas dalam mengatur penggunaan ponsel pintar si anak. "Orangtua zaman now mesti sadar bahwa gadget dibutuhkan anak-anaknya, tapi pembatasan penggunaannya mesti dibicarakan dengan si anak secara serius. Aktivitas dunia nyata lebih baik dibandingkan dengan dunia maya," papar Vera.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini