Share

Bingung Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah? Yuk Ikuti 5 Tips Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Jum'at 27 Juli 2018 04:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 26 196 1927790 bingung-cara-merawat-tanaman-hias-di-rumah-yuk-ikuti-5-tips-ini-HTk1A6AjFq.jpg Ilustrasi (Foto: Sydnestyle)

MEMELIHARA tanaman di dalam rumah tentunya sangat menyenangkan. Selain menambah keasrian rumah, tanaman hijau ini juga sangat sedap dipandang mata, dan cocok digunakan sebagai salah satu hiasan di ruang tamu.

Namun, ketika daun tanaman hias berubah menjadi coklat, Anda mungkin berpikir bahwa mereka harus disiram. Nyatanya, hal tersebut tidak selalu benar. Terkadang tanaman justru membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk berada di tanah kering.

Tentu saja hal ini berbeda-beda tergantung jenis tanaman yang Anda tanam. Menyadur dari Times of India, Jumat (27/7/2018), Okezone akan membagikan lima cara merawat tanaman hias yang ada di dalam rumah.

1. Layu

Ini adalah salah satu tanda terpenting bahwa Anda perlu menyirami tanaman. Daun dan bunga yang tampak layu adalah pertanda besar bahwa tanaman tersebut membutuhkan makanan yakni air.

2. Terlalu banyak air

Harap jangan menyirami tanaman Anda setiap hari. Terlalu banyak air justru akan membunuh sebagian besar membunuh tanaman. Alasannya adalah ketika Anda memasukkan terlalu banyak air ke dalam pot, tanah menjadi lembek dan tidak membiarkan oksigen lewat, dan mengarah ke proses layu.

Tanaman Hias

3. Mengumpulkan air hujan

Air hujan atau air sumur sangat baik untuk tanaman. Jika Anda dapat menyimpan air hujan selama beberapa hari, maka itu akan menyehatkan tanaman dan membuatnya menjadi cepat berbuah. Air suling sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman tetapi sangat mahal untuk menggunakannya setiap hari.

4. Air keran

Tidak masalah jika Anda menggunakan air keran untuk menyiram tanaman. Air keran baik-baik saja untuk digunakan. Anda tidak menggunakan penyaring air apa pun. Air yang keran mengandung nutrisi yang menumpuk di tanah selama berhari-hari sehingga penggunaan filter harus dihindari.

5. Menyiram tanaman di pagi hari

Lebih baik untuk menyirami tanaman di pagi hari karena akan memberi cukup waktu bagi dedaunan basah untuk mengering pada siang hari. Selain itu kebiasaan ini juga akan mengurangi kontraksi penyakit karena jam malam yang dingin.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini