Pantang Konsumsi 5 Makanan Ini sebagai Sarapan, Nomor 1 Tidak Disangka

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 26 298 1927673 pantang-konsumsi-5-makanan-ini-sebagai-sarapan-nomor-1-tidak-disangka-6MWOYlFD5Y.jpg Makanan yang tidak boleh untuk sarapan (Foto:Recipehubs)

SARAPAN bukan sekedar kenyang, apalagi memilih sembarang makanan untuk dikonsumsi. Bisa-bisa Anda jadi cepat mengantuk dan mengganggu aktivitas.

Agar tubuh tetap berenergi selama beraktivitas, tentu membutuhkan makanan kaya nutrisi. Anda harus mengonsumsi kombinasi protein, serat, dan lemak sehat yang tepat.

Sayangnya, banyak orang cenderung memilih makanan yang tidak sehat dimakan di pagi hari. Misalnya, Anda sering sarapan dengan kombinasi sereal, sandwich yang dibeli di toko dan sebagainya.

BACA JUGA:

(Baca Juga: Kenalin Nih Tukang Sunat Tercantik Sedunia, Mau Disunat Lagi?)

(Baca Juga: Kucing Ini Miliki 4 Telinga 1 Mata, Video & Fotonya Jadi Viral)

Nah, justru Anda seharusnya menghindari makanan-makanan seperti itu. Ada juga yang lain sebagai berikut, dilansir Boldsky, Kamis (26/7/2018).

1. Sereal

Kebanyakan orang berpikir sereal adalah pilihan menu sarapan bergizi untuk orang dewasa dan anak-anak. Banyak produk sereal yang dilabel mengandung biji-bijian. Tetapi, faktanya produk tersebut salah satu jenis olahan dari biji-bijian yang ditambah gula. Sayangnya lagi, sereal mengandung tinggi karbohidrat dan rendah serat, yang tidak akan membuat perut kenyang tahan lama.

2. Sandwich

Anda mungkin berpikir bahwa makan sandwich telur dan keju untuk sarapan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik. Rupanya tidak demikian, justru sandwich siap saji itu mengandung pengawet dan lemak tidak sehat. Apalagi banyak sandwich yang ditambah dengan bacon yang menjadi sumber natrium berbahaya.

 

3. Oatmeal instan

 

Ada beberapa merek oatmeal instan yang dijual di toko. Paket tersebut umumnya mengandung tinggi gula atau bahan lainnya. Justru itu pilihan yang salah, karena nutrisi aslinya hampir hilang. Apalagi produk tersebut ada tambahan pengawet yang tidak sehat.

4. Pancake dan wafel

Kedua menu tersebut jadi pilihan andalan untuk sarapan. Padahal makanan itu dibuat dengan tepung, gula, telur dan susu . Nah, kalau pancake sudah matang pasti ditambah sirup jagung. Sirup tersebut mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan peradangan yang mendorong resistensi insulin. Akibatnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

5. Yoghurt dengan perisa

 

Yoghurt dengan buah-buahan atau dengan pemanis buatan terlihat sehat. Tapi sayang, itu jauh dari rekomendasi para ahli. Yoghurt itu justru mengandung tinggi gula dan lemak tak sehat. Nah, jika Anda mengonsumsi makanan tersebut tidak sama sekali membangun energi. Karenanya, lebih baik pilih yogurt plain, lalu ditambahkan buah-buahan segar. Itu jelas lebih sehat dan mampu menjaga sistem pencernaan tubuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini