nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sehat Mana, Teh Hitam atau Kopi Hitam untuk Kesehatan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 17:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 26 481 1927779 sehat-mana-teh-hitam-atau-kopi-hitam-untuk-kesehatan-cIADFfreeA.jpg Manfaat Minum Kopi Hitam (Foto: Boldsky)

BANYAK orang berpendapat bahwa mengonsumsi teh hitam lebih menyehatkan ketimbang kopi. Hingga saat ini, hal tersebut masih menjadi perdebatan tentang kandungan yang terdapat di dalamnya.

Begitu halnya dengan masyarakat pencinta kopi, mereka berangapan bahwa mengonsumsi kopi jauh lebih menyehatkan ketimbang meminum teh hijau. Lantas sebenarnya, minuman apa yang lebih layak untuk dikonsumsi? Menyadur dari TimesofIndia, Kamis (26/7/2018), Okezone akan mengulas tuntas tentang keuntungan mengonsumsi teh hitam dan kopi hitam untuk kesehatan.

Manfaat teh hitam

Teh hitam merupakan minuman musim dingin yang nyaman dan benar-benar baik untuk membuat Anda tetap hangat. Teh ini juga dipercaya dapat meningkatkan tingkat kekebalan Anda karena mengandung polifenol, yakni sejenis antioksidan yang mencegah bahan kimia memasuki sistem metabolisme manusia. Polifenol juga membantu dalam melawan bakteri penyebab plak, memperkuat tulang dan melawan kanker ovarium. Selain di atas, teh hitam juga kaya akan antigen, alkilamin dan tanin. Kandungan ini juga akan memberikan kekebalan yang lebih baik dan memperkuat usus Anda. Sementara kandungan kafein yang terdapat dalam teh lebih sedikit dibandingkan dengan kopi, yakni hampir setengahnya.

 Manfaat Teh Hitam

Manfaat kopi hitam

Kopi hitam sering menjadi pilihan favorit para pengunjung pusat kebugaran. Meskipun sering dilihat sebagai minuman yang buruk, namun kopi hitam memiliki manfaat yang tak terhitung banyaknya. Minum kopi di pagi hari dikaitkan dengan kehidupan yang lebih panjang.

Seperti kopi hitam, kopi ini juga mengandung antioksidan, potasium dan magnesium. Kopi hitam juga mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti parkinson, karsinoma sel basal, alzheimer, diabetes, kanker prostat pada pria serta kanker endometrium pada wanita.

So, bagaimana pendapat kalian tentang manfaat teh hitam dan kopi hitam? Kedua minuman ini jelas memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. Akan lebih bijak jika Anda mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan, karena pada dasarnya kedua minuman ini sama sama memiliki efek yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara wajar.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini