nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembuhkan Ketakutan akan Badut dengan Cara Ini!

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 27 196 1928154 sembuhkan-ketakutan-akan-badut-dengan-cara-ini-Jqoig5KFcj.jpg Cara atasi ketakutan dengan badut (Foto:Time)

COULROPHOBIA atau ketakutan akan badut sudah cukup banyak diderita oleh masyarakat. Baik anak-anak maupun dewasa.

Bahkan, selebriti papan atas juga ada yang mengaku terkena phobia akan badut, seperti, pemeran Harry Potter yaitu Daniel Radcliffe, Johny Depp, serta bintang Rap P Diddy. Johnny sendiri mengatakan, sering melihat mimpi buruk di masa kecilnya dimana lirikan badut menghantuinya.

Hal ini membuat pertanyaan besar pun keluar, bisakah phobia badut disembuhkan?

Menurut Psikolog Dr Melanie Phelps mengatakan, penyembuhan untuk coulrophobia tidaklah mudah. Hal ini sama seperti mengobati phobia lainnya.

 BACA JUGA:

Kisah Suami Rela Gendong Istrinya yang Lumpuh Total Keliling Melihat Dunia

Terapi perilaku kognitif dapat digunakan untuk membantu penderita mengubah pola pikir mereka yang tidak produktif. Ini memungkinkan mereka untuk membedakan bahwa ketakutan mereka yang kuat ada dalam imajinasi mereka.

Perawatan lain, lanjutnya, bisa mencontoh pasien acrophobia. Di mana perlu terapi perilaku, konseling dan hipnotis.

 

Dalam beberapa kasus, obat anti-kecemasan dapat diresepkan untuk membantu meringankan gejala stres.

Seperti diketahui, phobia digambarkan oleh NHS sebagai rasa takut yang luar biasa dan melemahkan sebuah objek, tempat, situasi, perasaan atau binatang.

BACA JUGA:

Setelah Pakaian, Kini Makanan Meghan Markle Dilarang oleh Istana

Mereka lebih menonjol daripada ketakutan dan cenderung berkembang ketika seseorang memiliki rasa bahaya berlebihan atau tidak realistis mengenai situasi atau objek.

Jika seorang penderita fobia tidak bersentuhan dengan sumber masalah mereka sangat sering itu mungkin tidak mempengaruhi kehidupan mereka - meskipun dalam beberapa kasus bahkan berpikir tentang hal yang mereka takutkan dapat memberikan seorang kecemasan.

Jika fobia menjadi sangat parah, orang yang menderita dapat mengatur kehidupan mereka di sekitar menghindari aspek yang menyebabkan kesusahan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini