3 Manfaat Sepakbola untuk Anak-Anak Kita, Jangan Cuma Main Gadget Doang!

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 27 481 1927964 3-manfaat-sepakbola-untuk-anak-anak-kita-jangan-cuma-main-gadget-doang-RAgT2TKh4t.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu perbedaan mencolok yang kita lihat di antara anak-anak sekarang adalah bagaimana mereka tidak lagi bermain di luar rumah, seperti yang kita lakukan dulu. Mereka tumbuh secara berbeda dan memiliki masalah yang sama sekali berbeda yang mengganggu masa kanak-kanak mereka.

Faktanya, anak-anak jaman sekarang menjadi korban sejumlah masalah kesehatan, yang berorientasi pada gaya hidup seperti terlalu sering bermain dengan gadget hingga asupan pangan yang tidak sehat.

Kekurangan imunitas dan resistensi terhadap cedera adalah dua masalah paling umum yang dihadapi anak-anak saat ini. Lantas, bagaimana caranya supaya anak-anak lebih sehat?

Baca Juga: Bukan Hoax, 5 Jenazah Ini Benar-Benar Masih Utuh!

“Semua anak harus aktif secara fisik dan fokus pada pengembangan kebugaran menyeluruh, terutama membangun kekuatan otot serta daya tahan kardiovaskular. Olahraga adalah cara ideal untuk mencapai karakteristik ini, ”kata Mihira Khopkar, ahli gizi Olahraga & Klinis dan pendiri MARK seperi dilansir dari The Health Site.

Nah, salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah sepakbola. Lantas, kenapa harus bermain sepakbola?

Pernah bertanya-tanya bagaimana pemain-pemain seperti Harry Kane, Cristiano Ronaldo mendapatkan tubuh super-fit? Sepak bola atau adalah latihan tubuh total dan bisa sangat menyenangkan. Berikut adalah 3 manfaat kesehatannya:

1. Kesehatan kardiovaskular

Olahraga ini melibatkan berlari, berlari, latihan, melompat dan terus bergerak. Secara teratur berpartisipasi dalam olahraga seperti itu dapat bermanfaat dalam mengurangi kerentanan terhadap penyakit jantung. Selain itu, mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Penurunan berat badan

Obesitas masa kanak-kanak memang banyak terjadi zaman sekarang. Ini adalah kenyataan pahit yang harus kita akui. Dengan bermain sepakbola, bisa sangat membantu Anda.

Menurut sebuah laporan oleh Harvard School of Public Health, sepakbola dapat membantu menurunkan berat badan dan juga membantu dalam penatalaksanaan berat badan.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terkenal Tukang Bohong, Anda Masuk Daftar Gak?

3. Kesejahteraan mental

Olahraga luar ruangan dapat membantu si kecil mengatasi stress. Kemarahan atau emosi yang terakumulasi sering mengakibatkan penyakit psikologis di tahap akhir kehidupan seseorang. Belajar bermain sepak bola berarti mendisiplinkan diri sendiri sesuai dengan kebutuhan tim.

Olahraga ini juga dikatakan untuk mengembangkan temperance emosi, ketahanan dan penerimaan penolakan - yang semuanya bisa berguna pada tahap kehidupan selanjutnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini