nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Makanan Pereda Nyeri saat Masa Menopause, Nomor 2 Paling Mudah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 10:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 27 481 1928053 10-makanan-pereda-nyeri-saat-masa-menopause-nomor-2-paling-mudah-aciZ5B3w8c.jpg Cengkeh obat pereda nyeri menopause (Foto:Ist)

SEBAGIAN masyarakat mungkin masih belum paham mengenai arti dari menopause. Ya, menopause didefinisikan sebagai perubahan dalam siklus reproduksi wanita, ditandai oleh akhir menstruasi dan kesuburan. Ini adalah proses biologis alami dan bukan penyakit atau gangguan.

Menopause diketahui ketika seorang wanita tidak memiliki periode menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Hal ini terjadi karena penurunan kadar estrogen dan progesteron.

Selama masa menopause, banyak wanita mengalami gejala seperti hot flushes, berkeringat, kecemasan, depresi, kekeringan vagina, insomnia, masalah kandung kemih, kulit kering, rambut menipis, masalah ingatan dan perubahan suasana hati.

Beberapa penyakit ini tentu sangat mengganggu, namun Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengobati gejala menopause secara alami yang dinilai efektif untuk meredakannya. Menyadur dari Times of India, Jumat (27/7/2018), Okezone akan membagikan tipsnya untuk Anda.

 BACA JUGA:

Rahasia Diet Meghan Markle agar Lekukan Tubuhnya Tetap Indah Dipandang!

1.Konsumsi banyak vitamin E

Makanan yang diperkaya vitamin E bertindak sebagai pengganti estrogen, yang dapat membantu mengatur dan mengontrol hot flushes, perubahan suasana hati, berkeringat, dan kekeringan vagina.

2.Kedelai

 

Produk kedelai dianggap sebagai obat yang baik untuk gejala menopause seperti hot flushes. Ini membantu dalam menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Kedelai, edamame, tahu, dan susu kedelai adalah cara makanan wajib yang bisa dimasukkan ke dalam diet Anda.

 

3.Sage

Sage dianggap sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gejala menopause. Tambahkan 1 sdm ramuan sage ke secangkir air mendidih selama 10 menit. Saring dan tambahkan satu sendok teh madu. Minum campuran ini setiap hari selama beberapa minggu.

4.Red ginseng

Red ginseng telah diketahui sangat efektif untuk meredakan gejala-gejala pada masa menopause. Studi penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ginseng merah membantu dalam menjaga kesehatan kardiovaskular pada wanita pascamenopause.

5.Biji rami/Flaxseed

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi satu sendok makan biji rami yang digiling dengan segelas air dapat membantu mengurangi hot flushes sebanyak 50 persen pada wanita menopause.

 

6.Cengkeh

Cengkeh banyak mengandung isoflavon, sejenis phytoestrogen yang mengurangi hot flushes.

 

7.Kayu Manis

 

Kayu manis juga mendukung serat otot uterus yang bermanfaat bagi wanita yang mengalami menopause. Gabungkan kayu manis dalam diet Anda dengan menambahkannya ke dalam teh, semur, sup, salad, dan smoothies.

 

8.Chasteberry

Chasteberry adalah obat yang efektif untuk mengobati gejala menopause seperti hot flushes dan berkeringat. Campur satu sendok ramuan chasteberry dalam secangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 15 menit. Saring dan minum 2-3 cangkir teh ini setiap hari untuk mendapatkan kembali gejala seperti hot flashes, berkeringat dan kekeringan vagina.

BACA JUGA:

Hiii... Dokter di China Keluarkan 3.000 Batu Ginjal dari Tubuh Pasien

9.Black Cohosh

Black cohosh adalah obat kuno yang efektif untuk menyembuhkan gejala menopause. Rebus 2 sdt bubuk akar cohosh hitam kering dengan segelas air selama 10 menit. Saring dan tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Minum teh ini setiap hari.

 

10.Cuka apel

Campur satu sendok cuka sari apel dalam segelas air. Minum larutan ini dengan perut kosong di pagi hari untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini