nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Ini Bisa Ingat Semua Kenangannya sejak Berusia 12 Hari

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 11:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 27 481 1928068 perempuan-ini-bisa-ingat-semua-kenangannya-sejak-berusia-12-hari-H1T46eWorw.jpg Rebecca Sharrock (Foto: Dailymail)

SESEORANG biasanya sudah mulai mengingat peristiwa yang terjadi dalam kehidupannya ketika memasuki usia sekolah. Seiring bertambahnya usia, ingatan atau memori seseorang berkurang, apalagi jika telah berusia lanjut.

Sebagian besar orang di dunia mengalami hal tersebut, namun ada beberapa orang di antara kita yang kemampuan ingatannya luar biasa. Bagaimana tidak, ada sekira 80 orang di dunia ini yang bisa mengingat semua peristiwa yang telah mereka lalui sejak menginjak usia 12 hari.

Anda tidak salah membacanya memang, karena salah seorang di antara 80 orang itu ada yang membagikan pengalamannya. Dia lah Rebecca Sharrock, mengaku bisa mengingat semua hal yang terjadi ketika masih bayi.

Rebecca menceritakan masih ingat sekali hadiah yang pernah dia terima saat ulang tahun pertamanya. Bahkan, detail dari hadiah itu pun bisa Rebecca sebutkan dengan lancar tanpa ragu sedikitpun.

Setelah ditelusuri, ternyata perempuan berusia 27 tahun asal Brisbanr tersebut mengidap Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM), melansir dari laman Mirror, Jumat (27/7/2018). Suatu kondisi langka yang membuat seseorang bisa mengingat semua kejadian yang dialaminya sejak masih bayi.

Rebecca

Lebih hebatnya lagi, Rebecca bahkan bisa mengingat semua bacaan yang telah dia baca, termasuk seluruh buku Harry Potter. Meskipun terkesan luar biasa karena kemampuan mengingat ini sangat langka, namun pengidapnya bisa jadi sangat sedih saat harus kehilangan seseorang atau kenangan yang pahit, karena mereka akan merasa sedih yang lebih dalam.

"Sebagai seorang anak yang baru lahir saya ingin tahu apa penutup tempat duduk dan kemudi di atas saya. Meskipun pada usia itu saya belum mengembangkan kemampuan untuk ingin bangun dan mengeksplorasi objek yang ingin saya tahu seperti itu," tulisnya dalam blog Omni.

Bayi

Ingatan tentang masa kanak-kanaknya tidak cukup sampai situ saja dia ingat. Tapi, saat perayaan ulang tahun pertamanya, Rebecca juga menceritakan gaun yang dia kenakan.

Menurutnya, gaun satin yang dia kenakan waktu itu terasa gatal, orangtuanya mendandani pada ulang tahun pertamanya, dan memberikan mainan boneka Minnie Mouse yang membuatnya takut. Rebecca juga menceritakan pada 18 bulan dia ingat mulai bermimpi.

Untuk membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang ingatan manusia, Rebecca saat ini mengambil bagian dalam dua studi memori dengan para ilmuwan di Amerika Serikat dan Australia. Dia berharap penelitian ini akan membantu orang dengan masalah ingatan, termasuk demensia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini