Sering Bad Mood Bisa Jadi Pertanda kalau Tubuh Kekurangan Zat Besi, Begini Cara Mengatasinya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 27 481 1928206 sering-bad-mood-bisa-jadi-pertanda-kalau-tubuh-kekurangan-zat-besi-begini-cara-mengatasinya-UtZfOnUYKU.jpg ilustrasi bad mood (Foto: Everyday Health)

KALAU sering menghadapi suasana hati tidak menyenangkan, mungkin Anda mengalami kekurangan zat besi. Sayangnya, hal ini jarang disadari, bahkan tak dianggap jadi masalah serius.

Seseorang dapat saja mengalami perubahan suasana hati. Tentunya emosi jadi tidak stabil dan aktivitas jadi terganggu. Peneliti menyebutkan, seseorang yang kurang mendapat asupan zat besi dapat memicu risiko perubahan suasana hati. Ada hubungan kuat antara defisiensi zat besi dan perubahan suasana hati.

“Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah kognitif pada anak-anak. Sementara pada orang dewasa, telah dikaitkan dengan gangguan mood, kecemasan, hingga kurang fokus berpikir," kata Konsultan Psikiatri Rumah Sakit Columbia Asia Dr Sarjapur Road, dilansir Thehealthsite, Jumat (27/7/2018).

 BACA JUGA:

Seperti Buah Ajaib, Jeruk Nipis Punya 12 Manfaat untuk Meminimalisir Risiko Penyakit Mematikan

Kalau sudah berlebihan, risikonya juga mengarah pada depresi. Ini juga ada hubungannya dengan defisiensi zat besi. Ketika seseorang didiagnosis menderita depresi, sering kali dilakukan pengecekan terhadap zat besi.

Apalagi peran zat besi membantu dalam produksi hemoglobin. Hemoglobin adalah zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru Anda ke bagian lain dari tubuh. Dengan kata lain, jika tubuh Anda kekurangan zat besi, tentu tidak dapat menghasilkan sel darah merah pembawa oksigen yang sehat. Sementara itu, orang yang mengalaminya disebut anemia.

Sementara itu, kaitan kekurangan zat besi yang mengakibatkan perubahan suasana hati ialah dapat mempengaruhi fungsi kognitif otak. Ketika zat besi tidak dikelola dengan baik tentu bisa memicu kekuarangan.

 

Terlebih besi adalah logam transisi yang paling melimpah di dalam otak. Ini fungsinya sangat penting sebagai neurotransmitter. Akhirnya bisa mengakibatkan perkembangan masalah psikologis, seperti kecemasan, gangguan suasana hati, serangan panik, depresi, dan sebagainya.

Di samping memenuhi kebutuhan zat besi, Anda juga harus melakukan tips berikut supaya tidak kekurangan zat besi.

Hidrasi

Air punya peran memompa lebih banyak pasokan oksigen, agar membantu sel-sel darah untuk mencapai semua organ tubuh. Pastikan setiap hari Anda minum 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air agar tubuh tetap bugar.

Latihan yoga

 

Manjakan diri Anda dengan melakukan yoga atau latihan pernapasan khusus bila tak ingin kekurangan zat besi. Latihan ini dapat meningkatkan suplai darah yang bisa mengatur emosi dan mencegah perubahan suasana hati.

Asupan makanan sehat harus cukup

Banyak jenis makanan yang bisa membangun emosi tetap baik dan positif. Misalnya dark chocolate, sayuran brokoli, aneka buah, ikan, dan sebagainya. Dalam sehari paling tidak sertakan dua jenis makanan tersebut agar mood tetap menyenangkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini