nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Alami Atasi Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 27 481 1928245 5-cara-alami-atasi-bekas-gigitan-nyamuk-pada-bayi-bawprwQGc1.jpg Ilustrasi (Foto: Parentlane)

SEBAGAI orangtua yang punya bayi, Anda pasti akan sangat protektif terhadap si kecil, termasuk dari serangan gigitan nyamuk. Selain karena berpotensi terkena penyakit seperti malaria dan demam berdarah, bekas gigitan nyamuk juga membuat bayi tidak nyaman.

Sebagian besar orangtua mengakali serangan nyamuk dengan cara menutup tempat tidur bayi memakai jaring serta mengoleskan lotion antinyamuk. Sayangnya, iklim tropis yang ada di Indonesia membuat nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat sehingga agak sulit untuk menjaga si kecil.

Melansir dari Boldsky, Jumat (27/7/2018), gigitan nyamuk bisa menyebabkan infeksi lewat dua cara. Pertama, virus masuk lewat aliran darah bayi. Kedua, si kecil bisa saja menggaruk bekas gigitan nyamuk yang terasa gatal hingga mengakibatkan luka yang kemudian menjadi titik masuk infeksi.

Lalu bagaimana caranya untuk setidaknya menghindari si kecil dari gigitan nyamuk? Pertama, jangan bawa bayi Anda ke area-area di mana terdapat banyak populasi nyamuk seperti taman. Kedua, usahakan agar jangan keluar rumah setelah matahari terbenam.

 (Baca Juga:Waspada, Sering Konsumsi Lidah Buaya Bisa Picu Gagal Ginjal)

Ketiga, Anda bisa memasang jaring di pintu dan ventilasi kamar bayi. Keempat, Anda bisa juga menutupi tubuh si kecil dengan pakaian dan celana panjang. Akan tetapi, pastikan menggunakan warna-warna gelap karena warna yang terang hingga mencolok mata dapat mengundang nyamuk.

Apabila sudah terlanjur digigit nyamuk, ada beberapa tips untuk menyembuhkan gigitan tersebut secara alami.

Es

Es berguna untuk mengontraksi pembuluh darah sehingga membantu mencegah penyebaran alergi akibat air liur nyamuk. Dengan cara ini, gigitan nyamuk tidak akan terasa gatal atau sakit. Cara termudah adalah taruh es di handuk dan tempatnya di mana gigitan nyamuk berada.

Cuka apel

Keasaman cuka apel dapat membantu mencegah rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Anda bisa mengoleskan cuka apel encer ke area bekas gigitan atau menambahkan beberapa sendok cuka apel ke air mandi bayi.

 (Baca Juga:Seperti Buah Ajaib, Jeruk Nipis Punya 12 Manfaat untuk Meminimalisir Risiko Penyakit Mematikan)


Madu

Madu alami sangat baik untuk menyembuhkan rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Oleskan madu ke area kulit yang digigit nyamuk dan si kecil akan merasa lebih enak. Selain itu, sifat mikrobisida dapat membantu mencegah infeksi lebih lanjut.

Lemon

Sama seperti cuka apel, kandungan asam pada lemon dapat membantu menetralisasi alergen akibat gigitan nyamuk. Gosok sepotong lemon ke atas bekas gigitan sehingga mengurangi rasa gatal dan sakit.

 

Garam

Ambil sejumput garam dan tambahkan beberapa tetes air hingga tercipta adonan. Kemudian gosok di bekas gigitan nyamuk. Cara ini ampuh untuk membuat bayi Anda merasa lebih baik dalam sekejap. Tapi, jangan lakukan cara ini apabila di dekat bekas gigitan terdapat luka karena garam dapat membuat rasa sakit yang teramat sangat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini