nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Zaman Now Tak Bisa Lepas dari Smartphone, Risiko Nyeri seperti Ini Bisa Menyerangmu

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 20:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 27 481 1928364 anak-zaman-now-tak-bisa-lepas-dari-smartphone-risiko-nyeri-seperti-ini-bisa-menyerangmu-c7GSiCN2Zh.jpg Smartphone (Foto: Yourtango)

BERMAIN smartphone sudah menjadi bagian hidup orang zaman now. Karena mengharuskan jari-jari tangan bergerak secara berlebihan, awas kamu bisa mengalami risiko buruknya.

Mulai dari bangun tidur sampai akan menutup mata di malam hari, kamu pasti selalu pegang ponsel. Banyak kegiatan yang dilakukan, termasuk chatting, main game, stalking media sosial, menyelesaikan pekerjaan dan sebagainya.

Saat melakukan kegiatan tersebut, dua ibu jari bagian kanan dan kiri bekerja ekstra. Ditambah mata kamu juga fokus ke layar ponsel pintar kesayangan.

Nah, tanpa disadari kamu bisa mengalami risiko buruk dari kebiasaan tersebut. Keseringan menggunakan smartphone bisa bikin saraf-sarafmu cepat tegang.

 BACA JUGA:

5 Camilan Murah Meriah Teman Nonton Gerhana Bulan Total, Belanja Sekarang

"Ngetik atau main smartphone berlebihan bisa bikin saraf tegang. Rasanya lama-lama tentu bikin orang tidak nyaman bergerak, bahkan rasanya nyeri," terang Spesialis Bedah Orthopedi dr Oryza Satria, SpOT dalam acara Small Discussion Group membahas Nyeri Pada Tangan dan Pergelangan Tangan bersama RSPI-Bintaro Jaya di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).

 

Saat istirahat bermain smartphone kamu bisa mengalami gejala atau rasa tidak nyaman di bagian jari-jari. Disebutkan dr Oryza, kamu bisa mengalami nyeri, tangan kesumutan, tegang, dan sebagainya.

Gejala tersebut biasa terjadi di bagian ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Terlebih pada orang-orang yang memiliki ukuran jari terlalu panjang, kemudian kamu menggunakan smartphone terlalu kecil. Pasti itu bikin tumpuan tidak sejajar.

Namun untuk menghindari gejala itu, kamu bisa mencegahnya lebih dulu. Setiap menggunakan smartphone, kamu bisa mengalasi siku bagian bawah dengan bantalan empuk.

"Jika ibu jari mulai nyeri, bisa juga ganti jari lain kalau masih mengharuskan main smartphone. Misalnya ganti dengan jari telunjuk," tambah dr Oryza.

 

Supaya tambah nyaman, sesekali kamu juga bisa mengganti mode smartphone menjadi landscape. Posisi ini terkadang malah bikin kamu nyaman menggunakan ponsel pintar tersebut.

Dijelaskan dr Oryza, bila nyeri berlebihan kamu bisa mengalami nyeri yang dikenal dengan istilah trigger finger. Ini membuat kondisi tangan kamu seperti terkunci. Juga ada risiko saraf terjepit dan tendon meradang.

BACA JUGA:

Seperti Buah Ajaib, Jeruk Nipis Punya 12 Manfaat untuk Meminimalisir Risiko Penyakit Mematikan

Sayangnya, banyak kalangan sering mengabaikan dampak tersebut. Sebaiknya, jika kamu mengalami nyeri berlebihan, konsultasikan dengan dokter. Mungkin ada risiko nyeri lainnya yang semakin memperburuk kondisimu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini