Bikin CV Kreatif Biar Cepat Dilirik Sama HRD

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 Juli 2018 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 28 196 1928604 bikin-cv-kreatif-biar-cepat-dilirik-sama-hrd-Lf3DrV7uMO.png Curiculum Vitae (Foto: Okezone)

SUSAH mendapatkan pekerjaan mungkin menjadi tantangan baru bagi para mahasiswa yang baru menyelesaikan masa pendidikannya. Tak hanya mahasiswa baru, beberapa orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja pun turut merasakan hal yang sama dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Apa yang menjadi faktor utama masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan? Ya, Curiculum Vitae (CV) merupakan salah satu hal yang membuat seseorang sulit untuk mendapatkan panggilan pekerjaan dari perusahaan yang dilamar.

Bisa jadi CV yang Anda buat kurang menarik, atau tidak menampilkan seluruh identitas yang diperlukan untuk mengetahui latar belakang diri. Jika benar, alangkah baiknya Anda harus segera memperbaikinya. Lalu seperti apa CV yang harus Anda buat untuk memikat HRD atau user sebuah perusahaan tertarik untuk memanggil Anda?

Menyadur dari berbagai sumber, Okezone akan memberikan beberapa tips yang wajib Anda lakukan agar CV terlihat menarik dan memancing para petinggi perusahaan untuk menerima Anda bekerja.

1.Data diri yang lengkap dan menarik beserta dengan foto terbaru

Poin penting yang wajib dan harus ada dalam sebuah CV adalah data mengenai diri. Pastikan data diri Anda tertulis dengan lengkap beserta dengan nomor kontak dan email yang dapat dihubungi agar terlihat lebih professional. Foto terbaru pun dan nama akun sosial media seperti Twitter, Facebook dan Instagram pun bisa disertakan supaya sang pembaca bisa mengetahui bahwa pemilik CV tersebut benar-benar Anda.

2.Pernyataan sosial mengenai diri Anda

Saat ini penggunaan template CV sudah semakin marak digunakan. Jika Anda menggunakan template, biasanya akan ada kolom summary di bagian bawah foto. Anda bisa menuliskan sedikit latar belakang diri Anda pada tempat ini. Pastikan untuk mengisinya semenarik mungkin, untuk menggundang perhatian pembacanya.

3.Riwayat pendidikan

Anda harus menuliskan riwayat pendidikan Anda secara detil dan jelas. Tulislah di manakah Anda mengembang pendidikan beserta dengan tahun masuk dan lulusnya. Tak lupa jurusan juga harus disertakan pada bagian ini. Jika Anda orang yang cukup aktif dan memiliki prestasi di bidang tertentu, tidak ada salahnya menyertakan data tersebut.

4.Pengalaman Kerja

 

Bagian ini akan menjadi nilai tambah untuk kalian yang sudah pernah merasakan dunia kerja sebelumnya. Anda bisa menuliskan nama perusahaan tempat Anda bekerja dulu beserta jabatan terakhir dan tahun mulai bekerja. Jika tersedia banyak ruang, Anda bisa menuliskan tanggung jawab apa saja yang Anda emban selama bekerja di perusahaan tersebut.

5.Kolom kemampuan/skill

 

Jika Anda menggunakan template CV kekinian, maka model kolom penilaian skill bisa dalam berbagai bentuk. Ada yang menggunakan diagram, maupun skala dari 1-5, dll. Pastikan Anda mengisi bagian ini dengan sejujurnya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

6.Berdoa

Hal terakhir yang wajib dilakukan adalah berdoa supaya nasib baik menghampiri Anda. Setiap usaha yang dilakukan manusia tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari tuhan. Jadi kunci terakhir yang bisa dilakukan sebagai seorang umat manusia, adalah berdoa untuk mengharapkan yang terbaik.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini