nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Milenial Mesti Pandai Bedakan Mitos & Fakta dalam Pengasuhan Anak

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 28 Juli 2018 15:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 28 196 1928638 ibu-milenial-mesti-pandai-bedakan-mitos-fakta-dalam-pengasuhan-anak-G7nnWSArGu.jpg Ibu Milenial mengasuh anak (Foto:Webmd)

PERTAMA kali memiliki anak dan jadi orangtua rasa bahagianya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Mendengar tangis anak saat baru dilahirkan menjadi suara paling membahagiakan bagi kedua orangtua.

Namun, setelah mulai hari pertama jadi orangtua, berbagai kekhawatiran hinggap di kepala ibu muda. Cara merawat anak hingga pola asuh yang terbaik tentu akan selalu diperjuangkan demi buah hati tercinta meski ibu dan ayah tidak pernah belajar jadi orangtua secara formal, yang memang tidak ada sekolahnya.

"Jadi orangtua nggak pernah belajar padahal hampir tiap orang akan mengalaminya. Saat diberi tanggungjawab ibu ayah baru akan mencari informasi dari berbagai sumber, ada yang dari orangtuanya, saudara, buka internet, tapi apakah sumbernya kekinian atau malah sudah kedaluwarsa? Ilmu turun temurun belum tentu bisa dipraktikkan untuk zaman sekarang," jelas dr. Reisa Broto Asmoro, di acara Talkshow Parenting "101 Perawatan Bayi", Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Akan tetapi, terkadang terjadi perdebatan antara orangtua muda dengan orangtua atau mertua, karena perbedaan pandangan cara merawat bayi. Ibu muda tentu akan dilanda dilema, maka bagaimana cara meyakinkan orangtua atau mertua?

 BACA JUGA:

Peringati Hari Hepatitis Sedunia, Ini 4 Cara Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Menurut dokter Reisa, meyakinkan orangtua butuh cara, ibu baru mesti mereferensikan sumber yang tepat. Kalau ingin tahu panduannya, melawan mitos harus memperbarui ilmu merawat bayi.

"Jaman terus berkembang ilmu pun berkembang, termasuk perawatan bayi, karena belum tentu sama tiap generasi. Kadang kalau tidak jelas sumbernya ada yang jaman dulu bisa diterapkan, tapi sekarang tidak," imbuhnya.

 BACA JUGA:

Anak Zaman Now Tak Bisa Lepas dari Smartphone, Risiko Nyeri seperti Ini Bisa Menyerangmu

Salah satu cara mencari referensi dalam memperbarui ilmu merawat bayi, ibu muda setidaknya memiliki dan membaca buku tentang perawatan bayi, ilmu kekinian soal merawat bayi yang bisa diterapkan. Orangtua muda generasi millennial harus pintar mencari informasi dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Jaman dulu pakai gurita karena perut bayi besar, tapi seiring berkembangnya ilmu, ternyata itu berbahaya tidak ada hubungannya dengan udel anak yang bisa jadi menonjol ke depan. Menggunakan gurota malah bisa mengganggu otot pernapasan," tandas dokter Reisa.

(ndr)

Berita Terkait

Usia Perkembangan Anak

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini