nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Debit Air Menyusut, Air Mancur di Taman Sri Baduga Purwakarta Tak Beroperasi Dulu

Mulyana, Jurnalis · Sabtu 28 Juli 2018 19:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 28 406 1928698 debit-air-menyusut-air-mancur-di-taman-sri-baduga-purwakarta-tak-dulu-beroperasi-GsYZf373YJ.jpg Taman Air Sri Baduga (Foto: Koran Sindo)

SUGUHAN spektakuler Air Mancur menari terbesar se-Asia Tenggara yang ada di Taman Sri Baduga (Situ Buleud), Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, untuk sementara waktu tak beroperasi.‎ Pasalnya, debit air di situ tersebut menyusut, dampak dari musim kemarau saat ini.

"‎Debit airnya tak mencukupi untuk menjalankan air mancur. Jadi, Sabtu (28/7/2017) malam ini, Air mancur menari tak dulu dioperasikan," ujar Kabid Parisiwisata, Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwar kepada Okezone.

Heri menjelaskan, pihaknya sengaja memutuskan untuk tidak mengoperasikan pertunjukan air mancur ini untuk sementara waktu. Dalam hal ini, pihaknya tak mau mengambil resiko. Karena, dengan kondisi debit air berkurang khawatir malah merusak komponen yang menjalankan air mancur ini.

 BACA JUGA:

Pesona Gunung Botak di Papua Barat yang Mencuri Perhatian

"Kalau airnya kurang, daya tekan untuk menaikan airnya juga otomatis tidak akan kuat," jelas dia.

 

Heri mengaku, pihaknya tidak dapat memastikan sampai kapan penutupan sementara ini akan berlangsung. Pihaknya hanya bisa menunggu sampai debit air kembali mencapai batas normal. Sehingga air mancur, bisa kembali beroperasi sebagaimana biasa.

"Kepada masyarakat, kami mohon maaf, untuk sementara waktu Air Mancur di Taman Sri Baduga tidak beroperasi dulu.‎ ‎Belum tahu sampai kapan. Nanti ada pemberitahuan selanjutnya. Yang jelas, kalau debit air sudah kembali normal, kami akan kembali membukanya," pungkasnya.

Seperti diketahui, keberadaan Taman Sri Baduga (Situ Buleud), Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, saat ini seolah menjadi magnet bagi wisatawan. Bagaimana tidak, sejak dibangun pada 2014 lalu, kawasan wisata yang menyuguhkan pertunjukan air mancur menari terbesar di Asia Tenggara itu bak oase di gurun pasir.

 BACA JUGA:

Mau Tajir Melintir seperti Hotman Paris? Masuk Dulu Fakultas Ini

Setiap Sabtu malam, lokasi ini selalu disesaki pengunjung, baik warga lokal maupun luar kota. Mungkin ada yang menjadi daya tarik tersendiri dari air mancur menari ini. Karena, selain memiliki lingkar sekitar 1 hektare, air mancur tersebut juga diciptakan dengan beragam variasi gerakan yang disesaikan dengan irama musik yang diputar.

Bisa di bilang, atraksi ari mancur ini mirik dengan pertunjukan 'Song Of The Sea' yang ada di Sentosa Island, Singapura.

Selain menggunakan media air mancur yang dipadukan dengan musik dan lagu, pertunjukan ini juga dijalankan dengan menggunakan proyektor canggih. Sehingga, dalam air mancur tersebut juga bisa sekaligus menampilkan cerita bergambar dari sebuah tirai air yang menyembur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini