Bisa Buruk bagi Kesehatan, Berapa Cangkir Minum Teh Dikatakan Berlebihan?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 29 Juli 2018 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 29 481 1928841 bisa-buruk-bagi-kesehatan-berapa-cangkir-minum-teh-dikatakan-berlebihan-UY4HQoFtHP.jpg Minum teh (Foto: Goodtricketea)

HAMPIR semua orang suka minum teh, teman sarapan atau peluruh stres setelah pulang kerja. Tapi, terlalu banyak minum teh juga dapat membahayakan kesehatan. Lalu berapa cangkir teh per hari dikatakan terlalu banyak?

Sebelum ke sana, ada baiknya mengetahui dampak terlalu banyak minum teh. Minum teh dapat memengaruhi kesehatan karena mengandung kafein, meskipun tidak sebesar kopi. Berikut dampak minum teh terlalu banyak seperti dilansir dari laman Timesofindia:

Konsumsi kafein

Baik teh hijau dan cokelat memiliki 40mg kafein per cangkir, menurut Brown University. Karena itu, minum terlalu banyak teh dapat menyebabkan Anda ketergantungan kafein. Hal ini dapat membuat Anda kesulitan berkonsentrasi, gelisah, merasa gugup dan mengganggu pola tidur.

Penurunan zat besi

Tanin, senyawa dalam teh dikatakan mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi jika dikonsumsi berlebihan. Laporan dari Colorado State University mengatakan, teh dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk menyerap zat besi hingga 60%.

teh oolong

Menggangu kinerja obat

Teh dapat menggangu kinerja beberapa obat jika dikonsumsi dalam terlalu banyak. Jika Anda suka minum teh dan sedang minum obat, mintalah izin dari dokter. Efektivitas beberapa antibiotik dapat ditingkatkan jika Anda minum teh, kata sebuah penelitian University of Maryland Medical Center. Teh juga dapat mengurangi efektivitas beberapa obat seperti obat kemoterapi, kontrasepsi oral dan clozapine.

Lalu, seberapa dikatakan terlalu banyak?

Beberapa studi memiliki pemikiran berbeda tentang seberapa banyak minum teh dikatakan berlebihan. Ada studi mengatakan minum teh 2 hingga 4 cangkir dalam sehari itu masih normal. Ada pula yang mengklaim terlalu banyak minum teh dalam sehari itu 10 cangkir. Rata-rata, 3 hingga 5 cangkir teh dalam sehari akan baik-baik saja, tergantung pada cara tubuh merespon senyawa yang ada dalam teh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini