nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Ritual Potong Rambut Gimbal, 5 Festival Akan Meriahkan Dieng Culture Festival

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 13:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 30 406 1929255 selain-ritual-potong-rambut-gimbal-5-festival-akan-meriahkan-dieng-culture-festival-ELKcIApr6b.jpg Festival Lampion di Dieng Culture Festival (Foto: @festivaldieng/Instagram)

ANIMO wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Dieng Culture Festival (DFC) tampaknya sangat tinggi. Hal ini terlihat dari sudah habisnya sejumlah tiket yang dijual oleh pihak penyelenggara. Acara yang tahun ini digelar pada 3-5 Agustus 2018 itu memang menawarkan pengalaman yang berbeda kepada wisatawan yang datang.

Salah satu rangkaian acara menarik minat wisatawan adalah menikmati musik jazz di Dataran Tinggi Dieng. Selain itu, wisatawan juga berkesempatan menyaksikan sendratari, berbagai macam festival, dan puncak acara yaitu pemotongan rambut bocah atau anak gimbal. Di tahun ini, acara tahunan yang telah digelar selama 9 tahun terakhir itu menawarkan sesuatu yang berbeda.

Dikutip Okezone dari akun Instagram official @festivaldieng, Senin (30/7/2018), setidaknya ada 5 festival dan beragam acara lainnya yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Adapun festivalnya meliputi Festival Caping, Festival Domba, Festival Bunga, Festival Tumpeng, dan Festival Lampion. Masing-masing festival memiliki ciri khas tersendiri.

Dieng Culture Festival

(Foto: @festivaldieng)

Sebut saja pada Festival Caping, wisatawan yang datang akan diberikan caping dan selanjutnya caping itu dihias sesuai keinginan. Lalu yang terbaru adalah Festival Domba. Pada festival ini wisatawan berkesempatan melihat hewan asli Dataran Tinggi Dieng yaitu domba batur yang hanya bisa tinggal di daerah bersuhu rendah.

Selanjutnya ada Festival Bunga yang juga baru diadakan. Dalam festival ini wisatawan berkesempatan melihat bunga Cala lilly yang banyak ditemui di Dataran Tinggi Dieng. Agenda baru lainnya adalah Festival Tumpeng dimana akan ada 50 tumpeng dari desa sekitar sebagai simbol syukur atas limpahan karunia Tuhan.

Dieng Culture Festival(Foto: @festivaldieng)

Sedangkan untuk Festival Lampion yang sudah sering dilakukan, wisatawan akan berkesempatan menerbangkan lampion. Cahaya dari lampion yang menyelimuti Dataran Tinggi Dieng tak pelak menimbulkan suasana yang syahdu nan romantis. Selain festival, pertunjukan musik jazz, kebudayaan, dan seni lainnya, serta pemotongan rambut anak gimbal, wisatawan juga turut serta dalam kegiatan Aksi Dieng Bersih yang tentunya membersihkan area di sekitar berlangsungnya acara.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini