nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paniknya Pendaki Gunung Rinjani saat Gempa Lombok, Videonya Viral!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 30 406 1929411 paniknya-pendaki-gunung-rinjani-saat-gempa-lombok-videonya-viral-jagBlRK1eJ.jpg rinjani (Ig)

PULAU Lombok, Nusa Tenggara Barat diguncang gempa pada Minggu 29 Juli 2018. Banyak orang panik saat menghadapi bencana itu, tak terkecuali para pendaki Gunung Rinjani.

Gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia itu mengalami longsoran pasir akibat gempa. Saat diguncang gempa berkekuatan 6,4 skala Richter bukit-bukitnya bergeser keras.

 Baca juga: Diskon Besar Akan Sambut Asian Games 2018, Intip Bocoran Produknya di Sini!

Pendaki yang tengah menghabiskan waktunya di perbukitan gunung tersebut jelas khawatir saat gempa terjadi. Melihat kondisinya semua pendaki di atas gunung panik seketika.

Seperti dilihat Okezone dari Instagram Mountnesia, Senin (30/7/2018), meski guncangan gempa usai, mereka masih panik dan beranjak turun gunung. Semuanya berbondong-bondong turun dengan saling bantu-membantu.

 Rinjani

Mayoritas pendakinya laki-laki, sehingga kerja sama tetap berjalan lancar. Di tengah longsor terjadi, mereka tetap berdoa dalam lindungan Tuhan. Sebagian mengucapkan kalimat keagungan Tuhan untuk menenangkan dirinya.

 Baca juga: Drama Keluarga Meghan Markle Berlanjut, Ayahnya Ungkap Rasa Frustrasi dalam Wawancara 9 Jam

"Beberapa pendaki sedang turun dari puncak Gunung Rinjani, beberapa saat setelah terjadi gempa," isi caption video tersebut.

Fatalnya dampak dari gempa itu tidak hanya terasa di atas gunung. Hal itu mengakibatkan gerbang jalur pendakian roboh. Gambarnya pun mulai menyebar di media sosial.

Tentu bencana itu membahayakan semua orang yang sedang berada di Pulau Lombok, khususnya pendaki gunung berketinggian 3.726 mdpl. Dikhawatirkan, mereka bisa saja mengalami trauma atas bencana tersebut.

 Baca juga: Rumah Pengabdi Setan yang Tak Pernah Kosong, tapi Lebih Menyeramkan dari Biasanya

Karenanya, semua telah dievakuasi pada hari yang sama supaya tidak menambah korban jiwa. Atas kejadian gempa tersebut, kini kawasan jalur pendakian Gunung Rinjani sementara.

Apalagi Gunung Rinjani selama ini diincar oleh pencinta gunung. Setiap Hari lokasinya ramai karena rasa penasarannya akan kecantikan panorama gunung tersebut.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini