nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Perlu Bertele-tele saat Konsultasi dengan Dokter, Keluhan Cuma Didengar 11 Detik Saja

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 17:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 30 481 1929305 tak-perlu-bertele-tele-saat-konsultasi-dengan-dokter-keluhan-cuma-didengar-11-detik-saja-KvmOuXJXbZ.jpg Dokter (Foto: Shutterstock)

SEBELUM menentukan diagnosa, pasien yang berkonsultasi dengan dokter tidak harus bertele-tele. Sebab, dokter hanya mendengar keluhan Anda dengan waktu 11 detik saja.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Journal of General Internal Medicine menyebutkan, hanya sekira 36% pasien diberi kesempatan untuk berbicara panjang saat datang ke dokter saat berkonsultasi. Sementara itu, 20% dokter spesialis yang menanyakan keluhan pasien, dan itu sangat diharapkan.

Dalam penelitian ini dijelaskan dokter sudah mengerti secara umum kondisi pasien tanpa harus bertele-tele. Dalam sesi wawancara selama penelitian berlangsung, rata-rata pasien hanya berbicara 11 detik sebelum mereka diberi solusinya oleh sang dokter. Hal itu biasanya terjadi karena pasien sulit menjelaskan kondisi kesehatannya dengan ungkapan sederhana.

BACA JUGA:

 Cantiknya Jessica Iskandar Jadi Hero Layla Mobile Legend, Begini Penampilannya!

Setiap kali konsultasi, pasien akan berbicara mengenai gejala mereka sekira 30 detik kepada dokter. Waktu selebihnya adalah dokter segera memeriksa kondisi fisik pasien sampai hasilnya akurat. Kegiatan itu dilakukan paling tidak 92 detik. Ini berlaku bagi semua pasien saat bertemu dengan dokter.

 

Para peneliti telah mengetahui selama beberapa waktu dokter tidak mendengarkan keluhan pasien dengan jelas. Mereka hanya segera ingin melakukan tindakan pemeriksaan fisik supaya waktunya tidak lama.

Mereka menjelaskan, keterbatasan waktu selalu jadi kendala pasien dan dokter saat bertemu. Sementara sang dokter masih ditunggu banyak antrean pasien yang juga membutuhkan jasanya. Belum lagi kalau seorang pasien ingin membeberkan keluhannya secara bertele-tele. Tapi sayang, banyak pasien yang tak paham akan hal ini.

”Mereka menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membantu memecahkan masalah," terang para peneliti, seperti dilansir Okezone dari Thedailymeal, Senin (30/7/2018).

Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan pasien untuk memastikan agar keluhan mereka didengarkan. Dokter-dokter Harvard menyarankan agar Anda datang untuk konsultasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang disiapkan dan dianggap paling penting.

Baca Juga :

Dalam komunikasi ini, pasien juga harus mengerti efisiensi waktu saat bertemu sang dokter. Pergunakan waktu yang singkat itu supaya Anda benar-benar dihargai oleh dokter, serta momen pertemuan itu sangat berguna untuk mendapatkan solusi yang tepat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini