Anak Suka Main di Luar Rumah? Pakaikan Tabir Surya untuk Kurangi Risiko Kanker Kulit

Fienca Amelia , Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 481 1929415 anak-suka-main-di-luar-rumah-pakaikan-tabir-surya-untuk-kurangi-risiko-kanker-kulit-KuvuAoTXEH.jpg Ilustrasi (Foto: Timesnownews)

MENGGUNAKAN sunscreen atau yang lebih dikenal dengan tabir surya dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit atau melanoma. Bagaimana bisa?

Dilansir Okezone dari Allure, para peneliti di Australia melakukan penelitian perlindungan dari sinar matahari terhadap 1.700 orang berpartisipasi pada tahun 2001 dan 2005, peserta terdiri dari penderita kanker kulit atau melanoma dan yang lainnya terbebas dari kanker kulit. Dari Artikel yang di unggah JAMA Dermatology mengatakan bahwa SPF membantu mengurangi resiko melanoma. Mereka menemukan bahwa penggunaan rutin SPF pada penderita melanoma dapat berkurang 30-40 persen.

“Yang kami temukan sungguh mengejutkan,” ujar Anne Cust salah satu penulis penelitian kepada tim Allure.

Ada dua kesimpulan penting yang ditemukan dalam penelitian ini. Yang pertama, ketika peneliti memulai penelitian, SPF 8 yang secara luas digunakan jauh berbeda dengan SPF 30. Ahli dermatologi menyarankan tidak apa-apa menggunakan tabir surya dengan SPF rendah daripada tidak sama sekali.

“Saya menyarankan untuk menggunakan tabir surya paling tidak dengan SPF 30 setiap hari,” ujar Sejal Shah dokter kulit bersertifikat di New York. Ia pun mengatakan semakin tinggi SPF, semakin tinggi juga perlindungan yang akan di dapat oleh kulit.

Temuan kedua adalah pentingnya menggunakan sunscreen dari usia dini. “Anak kecil sangat rentan terhadap efek karsinogenik radiasi ultraviolet” Cust pun menjelaskan “mulai tumbuhnya tahi lalat merupakan faktor risiko utama mengalami melanoma,”. Pemaikaian SPF pun masih penting hingga dewasa untuk menurunkan risiko melanoma.

Dokter kulit New York Shari Marchbein mengatakan “Bagaimanapun, kerusakan akibat paparan sinar matahari sangat berbahaya, dengan menggunakan tabir surya terus-menerus akan membantu mencegah keriput, bitnik-bintik hitam sampai kanker kulit.”

Jadi, jika anak-anak Anda sering main di luar rumah, tidak ada salahnya kan untuk menggunakan tabir surya setiap hari agar mencegah risiko melanoma.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini