nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Lomba Lari Sudah Berubah, Kini Banyak Milenials Cari yang Sehat dan Bikin Happy

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 07:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 30 481 1929497 tren-lomba-lari-sudah-berubah-kini-banyak-milenials-cari-yang-sehat-dan-bikin-happy-nzmm5zWYNp.png Ilustrasi color run (Foto: Cmiyc)

OLAHRAGA lari sekarang sudah menjelma jadi salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan. Terlebih tiap akhir pekan masyarakat berbondong-bondong berlari di area car free day yang diadakan di beberapa spot daerah.

Oleh karena antusias masyarakat akan olahraga lari sudah kian meningkat, akhirnya bermunculan beragam kegiatan lomba lari jarak jauh. Biasanya lomba lari diadakan beberapa kilometer dengan suasana persaingan yang cukup terasa.

 BACA JUGA:

Tak Perlu Bertele-tele saat Konsultasi dengan Dokter, Keluhan Cuma Didengar 11 Detik Saja

Akan tetapi, tren lomba lari kini mulai berubah, tidak lagi membuat pesertanya hanya berorientasi pada kemenangan dan kesehatan saja, tapi juga kebahagiaan selama mengikuti perlombaan.

 

"Banyak perkembangan dalam kebiasaan olahraga masyarakat, event lari sudah banyak yang mengikuti, masyarakat Indonesia sangat antusias untuk mengikuti acara seperti ini sekarang. Walau segment terbatas tapi kebiasaan sehat ini harus disebarkan ke seluruh Indonesia," papar Richard Sambera, mantan atlet renang Indonesia dalam acara Konferensi Pers The Color Run Hero Tour di The Ritz Carlton, Jakarta, belum lama ini.

Richard yang kini tengah menekuni olahraga triathlon ini pun mengaku, dirinya sering mengikuti lomba lari, tapi kerap merasa tegang karena hanya berambisi untuk menang. Berbeda dengan berlari sambil disemprotkan bubuk warna, maka lari pun justru terasa menyenangkan dan kesehatan badan juga bisa didapatkan

"Saya sering ikuti pertandingan lari, kadang lomba lari biasa itu tegang, tapi kalau color run seperti ini happy, juga merupakan kesempatan baik bagi masyarakat yang ingin coba untuk melihat dan merasakan lari dengan santai tidak tegang, ajak teman dan keluarga. Saat color run seperti ini, masyarakat juga bisa foto-foto, bisa sambil makan dan minum. Kesempatan sangat baik pula untuk yang belum pernah ikut," tambah Richard.

Lebih lanjut, menurut Richard, dengan adanya acara lomba lari yang menyenangkan, anak muda jadi lebih banyak berkesempatan mendapatkan inspirasi. Untuk mencari informasi tentang cara hidup sehat dan olahraga, anak muda zaman sekarang bisa menggunakan berbagai platform, kata Richard.

 BACA JUGA:

Mulailah Miliki Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Diabetes

"Color run tidak intimidating tapi inklusif. Pertandingan lari kebanyakan kalau jalan malu dengan peserta lain," tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini