nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkes Ingatkan Orangtua Tak Biarkan Anak Tumbuh Sendiri, Ini Bahayanya

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 12:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 31 196 1929715 menkes-ingatkan-orangtua-tak-biarkan-anak-tumbuh-sendiri-ini-bahayanya-LK80mEwe13.jpg

MENTERI Kesehatan Nila Moeloek meminta para orangtua jangan membiarkan anak tumbuh sendiri akan tetapi harus selalu mendampingi tumbuh kembang mereka.

"Anak jangan dibiarkan tumbuh sendiri, tapi kita harus selalu mendampingi mereka," ujarnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari dalam acara Seminar Hari Anak Nasional di Kementerian Kesehatan Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Menkes meminta para orangtua untuk menstimulasi kemampuan anak dengan hal-hal sederhana.

"Segala hal yang kita lakukan yang bisa menstimulasi anak itu akan sangat berguna bagi pertumbuhan. Bercerita, menyapa, mengajak jalan-jalan, menonton televisi bersma adalah cara-cara stimulasi paling sederhana," kata dia.

Ia menekankan para orangtua agar memberi perhatian lebih kepada anak melalui kasih sayang. "Anak yang tidak atau kurang mendapat kasih sayang akan berpengaruh pada perilakunya. Anak akan menjadi pribadi yang pembenci dan kasar," kata Nila.

(Baca Juga: Meme Serius Mode ala Cristiano Ronaldo Ini Bikin Geli, Inikah Rahasia Tendangan Bebasnya?)

Dia berharap para orangtua tidak membiarkan anak menonton televisi atau bermain gawai sendirian karena bisa menyebabkan keterlambatan bicara, anak hanya diam tidak ada interaksi.

Menkes juga kembali menyosialisasikan kepada masyarakat agar lebih peduli dan sadar untuk memantau tumbuh kembang anak setiap bulan dengan memantau berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala di posyandu atau fasilitas kesehatan lain.

Pemantauan tersebut untuk orang tua bisa mengetahui lebih dini apabila anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga bisa lekas tertangani.

(Baca Juga: Kisah di Balik Puncak Bukit Cinta, Tempat Bertemu Ratu Sekar Sari dan Raden Atas Aji)


(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini