nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan yang Menjadikan Makanan Jepang Paling Sehat Sedunia?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 07:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 31 298 1929618 5-alasan-yang-menjadikan-makanan-jepang-paling-sehat-sedunia-JesmafGgzg.JPG

SETIAP orang pasti menginginkan menyantap menu makanan sehat demi menjaga kesehatan tubuhnya. Menghindari makan di restoran cepat saji merupakan salah satu hal yang dilakukan dalam upaya meningkatakan kesehatan tubuhnya.

Saat ini tak sedikit orang yang memilih makanan Jepang sebagai menu sehat yang dapat mereka konsumsi sehari-hari. Makanan Jepang dinilai memiliki kandungan nutrisi yang terbaik dan sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Lantas apa sebenarnya fakta di balik makanan Jepang hingga banyak orang menganggapnya sebagai makanan sehat yang cocok untuk tubuh mereka? Menyadur dari Times of India, Selasa (31/7/2018), Okezone akan merangkumnya.

1. Makanan Jepang miliki perspektif pada kesehatan

Jepang secara tradisional memiliki perspektif yang sangat sehat terhadap makanan. Mereka memiliki pepatah, "hara hachi bu", yang berarti bahwa Anda harus makan sampai 80% penuh. Menariknya, mereka mengajari anak-anak mereka hal yang sama dari usia yang sangat muda.

2. Penyajian yang menstimulasi semua indera

Presentasi makanan membuat banyak perbedaan dan ini telah dibuktikan oleh makanan Jepang. Penyajian gaya Jepang dengan porsi kecil dan warna menstimulasi rasa lapar dan rasa memuaskan semua indera Anda. Seni penyajian ini membujuk Anda untuk makan dengan mata dan menikmati keindahan makanan.

3. Perhitungan kalori

Jika Anda berpikir bahwa mengurangi kalori adalah pekerjaan yang sulit, mulailah makan makanan Jepang dan Anda akan merasakan perubahannya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Of Florida, College Of Medicine, rata-rata orang Jepang makan sekira 25% lebih rendah kalori per hari dibandingkan dengan orang di seluruh dunia.

(Baca Juga: Meme Serius Mode ala Cristiano Ronaldo Ini Bikin Geli, Inikah Rahasia Tendangan Bebasnya?)

4. Ukuran porsinya

Tidak seperti masakan lain, makanan Jepang disajikan dalam piring dan mangkuk kecil. Menurut pakar kesehatan, gagasan porsi yang lebih kecil adalah rahasia terbaik untuk makan sehat mereka yang juga membantu menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika disajikan lebih banyak, orang cenderung makan lebih banyak, meski mereka lapar atau tidak.

5. Selalu ada nasi

Masakan Jepang tidak lengkap tanpa nasi. Alhasil Anda akan mengatakan, mereka makan nasi 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Beras sebagai makanan rendah lemak membantu mengisi Anda dengan lebih sedikit kalori.

(Baca Juga: Kisah di Balik Puncak Bukit Cinta, Tempat Bertemu Ratu Sekar Sari dan Raden Atas Aji)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini