nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak dengan Minyak Zaitun, Ini Nutrisi yang Bisa Didapat

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 31 298 1929832 masak-dengan-minyak-zaitun-ini-nutrisi-yang-bisa-didapat-znGDmlQ8mL.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MASAK menggunakan minyak zaitun tak sekadar melezatkan makanan. Tetapi momen masak jadi menyenangkan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak sehat tersebut saat mengonsumsi.

Minyak zaitun kaya nutrisi, seperti mengandung lemak baik, asam lemak omega-3, sumber antioksidan dan mineral yang sempurna. Tentunya kandungan dari minyak itu juga lebih sehat daripada minyak kelapa sawit.

Manager Area Bertolli Asia Guillermo Romeu mengatakan, minyak zaitun mengandung lemak sehat atau disebut monounsaturated fatty acid (MUFA). Minyak zaitun juga terdiri dari 77% kolesterol baik.

 (Baca Juga:Begini Rupa Kali Besar di Kota Tua, Serasa Berwisata di Eropa)

"MUFA tersebut dapat membentuk kerak tipis di atas makanan yang dimasak. Fungsinya juga dapat menghambat penetrasi minyak, serta melezatkan makanan," ujarnya saat ditemui Okezone di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

 

Dia menyebutkan, minyak zaitun juga terdiri dari berbagai macam, seperti extract virgin olive oil, classic olive oil dan extract light olive oil. Aneka jenis minyak tersebut diklaim cocok untuk memasak sehari-hari, seperti menumis, memanggang atau menggoreng makanan.

Minyak zaitun diklaim tergolong tahan panas meskipun dipakai untuk menggoreng, karena suhu amannya hingga 220 derajat. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat memasak dengan minyak zaitun, apalagi malah dapat menambah cita rasa gurih. Terlebih, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah masakan khas Indonesia.

 (Baca Juga:Meme Serius Mode ala Cristiano Ronaldo Ini Bikin Geli, Inikah Rahasia Tendangan Bebasnya?)

Lifestyle Guru Gwendoline Winarno mengatakan, beberapa masakan khas Indonesia yang cocok diolah dengan minyak zaitun sangat banyak jenisnya. Antara lain nasi goreng, ikan goreng, sambal matah, gado-gado dengan siraman minyak zaitun, tumisan sayur dan sebagainya.

"Saat masak dengan minyak zaitun lebih baik jangan dicampur dengan minyak lainnya. Tentu dapat mengurangi manfaatnya yang melimpah itu," terang Gwen, pada kesempatan sama.

Dia pun menyarankan kepada banyak orang agar bisa menikmati minyak zaitun, meski baru pertama kali. Karena rasanya tentu terkesan aneh di lidah saat dikonsumsi.

"Penggunaan minyak zaitun itu bisa dimulai dengan extract light olive oil. Kalau sudah terbiasa bisa naik tingkat dari classic oil dan extract virgin olive oil, karena kualitas dan nutrisinya lebih bagus" pungkas dia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini