nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Tips Masak Enak Pakai Minyak Zaitun, Bikin Mau Ngunyah Terus!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 20:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 31 298 1929956 sederet-tips-masak-enak-pakai-minyak-zaitun-bikin-mau-ngunyah-terus-jeqRTsqeBA.jpg Ilustrasi (Foto: Cloudfront)

BAGI Anda yang terbiasa masak dengan minyak kelapa sawit, kini mulai ganti dengan minyak zaitun. Tentu minyak itu lebih sehat karena mengandung lemak baik dan nutrisi lain yang melimpah.

Minyak zaitun selama ini mungkin dikenal untuk menumis atau digunakan untuk salad dressing. Lebih dari itu, ada banyak masakan lain yang cocok diolah dengan minyak yang mengandung lemak baik itu.

Lifestyle Guru Gwendoline Winarno membeberkan tips sehat memasak dengan minyak zaitun yang menyenangkan. Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum Okezone, Selasa (31/7/2018).

1. Minyak zaitun dapat diolah jadi masakan apa saja

Memasak dengan minyak zaitun kenapa tidak. Anda bisa menggunakan minyak itu untuk menumis, dibikin sup atau masakan lain yang enak.

Gwen mencontohkan, masak balado terong dengan minyak zaitun juga akan jadi masakan yang lezat. Cita rasanya tak hanya pedas dari cabai, tapi jadi juga gurih karena tambahan minyak dari tumbuhan alami itu.

"Saya sering bikin balado terong pakai minyak zaitun, rasanya enak saja. Meski masakan Indonesia, tapi perpaduannya pas," ujarnya saat ditemui di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

2. Bikin gorengan dengan minyak zaitun

Kalau bikin gorengan sendiri di rumah, tak ada salahnya menambahkan minyak zaitun. Anda bisa menggunakan extract light olive oil saat menggorengnya. Saat digoreng, hasilnya hampir tidak ada kerak yang menempel di makanan, sekaligus menghasilkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Paling tidak Anda menggunakan minyak zaitun itu untuk menggoreng selama 1-2 kali saja.

masak

3. Jangan dicampur dengan minyak lain

Saat menggunakan minyak zaitun sangat pantang jika Anda menambahkan minyak lainnya. Tentu hal ini dapat merusak cita rasa, serta Anda tidak memperoleh nutrisinya yang maksimal. Anda cukup menggunakan satu jenis minyak, yang bisa ditambahkan saat masakan matang atau untuk menumis.

4. Simpan di suhu ruangan

Cara menyimpan minyak zaitun juga tidak boleh sembarangan. Jangan letakkan di dalam kulkas supaya awet. Lebih baik Anda menyimpan di storage dengan suhu ruangan. Kalau sampai salah simpan, misalnya terlalu sering kena paparan sinar matahari dampaknya cepat rusak dan nutrisinya hilang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini