nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gwen Winarno Beberkan Tips Masak Sehat untuk Penderita Hipertensi dengan Minyak Zaitun

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 14:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 31 481 1929789 gwen-winarno-beberkan-tips-masak-sehat-untuk-penderita-hipertensi-dengan-minyak-zaitun-vneg9VH4hL.jpg Ilustrasi (Foto: drjoanna)

MEMASAK dengan menggunakan minyak zaitun disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Khusus para penderita hipertensi, Anda harus sering mengonsumsi makanan sehat, kemudian melengkapinya dengan minyak sehat itu.

Meski harus menghindari penyebab kolesterol jahat, penderita hipertensi tidak harus menghindari konsumsi minyak. Ya, minyak zaitun itu aman dikonsumsi karena mengandung zat anti-inflamasi.

Nah, dampak baiknya saat Anda mengonsumsi minyak zaitun dapat menghindari timbulnya plak lemak di bagian arteri. Sehingga, hal itu jadi salah satu faktor baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Di samping itu, Anda juga akan mengurangi risiko peradangan yang membahayakan tubuh. Maka tetap gunakan minyak zaitun yang lezat diolah jadi masakan apapun.

 (Baca Juga:Bermasalah Dalam Memberi ASI pada Bayi Prematur? 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya)

Agar penderita hipertensi tetap makan enak dengan pelengkap minyak zaitun, Gwendoline Winarno atau akrab disapa Gwen membeberkan tips memasaknya. Simak ulasannya berikut ini, yang dirangkum Okezone, Selasa (31/7/2018).

1. Ganti pemakaian garam dengan minyak zaitun

Gwen menyebutkan, penderita hipertensi pada dasarnya harus mengurangi konsumsi garam berlebihan. Sebagai gantinya, manfaatkan saja minyak zaitun.

"Kalau masak, pertama-tamanya jangan tambah garam. Ganti dengan tambahan minyak zaitun karena cita rasanya bikin makanan gurih," ujarnya di sela-sela Media Gathering Minyak Zaitun Bertolli, di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

 (Baca Juga:Tips untuk Para Ibu jika Anak Terserang Rubella)

2. Hindari penyedap rasa

Biasakan untuk tidak memasak makanan apapun dengan tambahan penyedap rasa. Pada dasarnya, banyak bahan makanan yang sudah cenderung gurih saat diolah. Misalnya, penggunaan kaldu ayam, jamur, bawang putih, daun bawang, sayuran hijau, dan sebagainya.

3. Tambahkan rempah-rempah

Gwen menambahkan, aneka jenis rempah dapat dipakai untuk melewatkan makanan. Apalagi, menurut dia, makanan Asia dan Indonesia cenderung berbumbu kaya rempah.

"Selain menambahkan minyak zaitun, penggunaan rempah juga menyedapkan makanan. Banyak olahan masakan Indonesia yang cocok menggunakan minyak zaitun, seperti nasi goreng, sambal matah, ayam acara kuning, tumis ikan dan sayuran, juga bisa," pungkas anak dari Pakar Kuliner Bondan Winarno itu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini