9 Cara Mudah Hilangkan Stres dan Lelah di Kantor

Fienca Amelia , Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 31 481 1929906 9-cara-mudah-hilangkan-stres-dan-lelah-di-kantor-xcZ7BUvF9t.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KESIBUKAN di kantor tak jarang membuat kita menjadi sres. Tapi perlu diketahui, stres bisa berdampak negatif pada tubuh dan kesehatan.

Okezone melansir dari Healthline, Selasa (31/7/2018), inilah 9 cara mudah untuk mengurangi stres saat berada di kantor:

1. Mendengarkan musik

Ketika Anda sedang stres, cobalah meluangkan waktu untuk mendengarkan musik. Karena mendengarkan musik dapat memberikan energi positif bagi tubuh, menurunkan tekanan darah dan dapat meredam hormon yang dapat menyebabkan stres. Cobalah mendengarkan musik klasik, namun apabila Anda tidak menyukai musik klasik, Anda dapat mendengarkan suara alam seperti suara deburan ombak yang dapat memberikan efek rileks bagi Anda.

2. Menelefon teman

Telefon teman dan membicarakan masalah Anda mungkin akan memberikan efek lega. Karena hubungan baik dengan teman atau orang yang anda sayang sangat berpengaruh ketika anda sedang mengalami stres.

 

 (Baca Juga:Begini Rupa Kali Besar di Kota Tua, Serasa Berwisata di Eropa)

3. Berbicara dengan diri sendiri

Berbicara dengan diri sendiri memang terlihat gila. Namun menenangkan diri sendiri merupakan cara yang ampuh mengusir stres. Bilang kepada diri sendiri mengapa Anda stres, apa yang harus dilakukan, dan yang paling penting adalah katakan kepada diri Anda sendiri kalau semuanya akan baik-baik saja.

4. Makan sehat

Saat sedang stres terkadang kita sampai lupa makan atau bahkan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan makanan cepat saji. Cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula. Ganti makanan tersebut dengan buah, sayur, ikan, atau makanan yang mengandung omega 3 karena dapat meminimalisir gejala stres.

5. Tertawa

Tertawa dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati lebih baik dan dapat menurunkan hormone adrenaline. Tertawalah untuk mengubah sistem saraf Anda menjadi lebih bahagia. Anda bisa menonton tayangan komedi yang bisa membuat tertawa.

 

 (Baca Juga:Meme Serius Mode ala Cristiano Ronaldo Ini Bikin Geli, Inikah Rahasia Tendangan Bebasnya?)

6. Minum teh

Hindari meminum kafein karena dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Cobalah untuk minum teh. Teh memiliki kandungan antioksidan yang sehat yang berfungsi untuk menenangkan sistem saraf.

7. Berolahraga

Tidak perlu olahraga yang berat seperti lari marathon atau pergi ke gym. Berjalan keliling kantor atau berdiri dan melakukan peregangan dapat melepaskan endorfin dan dapat mengubah suasana hati Anda seketika.

8. Tidur yang cukup

Kurang tidur merupakan penyebab utama terjadinya stres. Stres dan begadang merupakan kombinasi yang dapat menyebabkan otak dan tubuh semakin memburuk. Tidur yang cukup merupakan cara paling ampuh mengurangi stres.

9. Atur napas

Menarik napas yang dalam mungkin terdengar klasik, namun itu cara ampuh ketika stres berkencan. Selama berabad-abad, para biksu akan menarik napas yang dalam saat meditasi. Lakukan gerakan meditasi dengan duduk di kursi dengan posisi tangan di atas lutut. Tarik napas dan keluarkan perlahan, teknik ini mengoksigenasi darah serta menjernihkan pikiran.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini