nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Menyiasati Teras Rumah yang Kecil agar Cantik & Nyaman

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 01 196 1930394 trik-menyiasati-teras-rumah-yang-kecil-agar-cantik-nyaman-fe7ahUUSOc.jpg Menyiasati teras rumah yang kecil (Foto:Ist)

MEMILIKI teras dengan ukuran yang terbilang kecil bukan berarti tidak bisa didandani agar penampilan terlihat cantik dan nyaman.

Jangan langsung berkecil hati jika teras rumah Anda tidak terlalu luas. Dengan memadupadankan warna dan beberapa ornamen di dalamnya, teras yang terlihat kecil, maka akan menjadi terlihat cantik dan nyaman untuk tempat bersantai.

“Untuk membangun teras di lahan sempit, haruslah disesuaikan dengan kebutuhan ruangan untuk sirkulasi terhadap entrance bangunan, dan juga harus memperhatikan sisa area yang akan dibuat,” kata arsitek Wisnubrata.

Permainan furnitur yang sederhana seperti kursi dan meja serta ditambah dengan ornamen tanaman hijau akan menambah kesan asri teras mungil Anda. Dalam pemilihan ornamen, juga harus disesuaikan dengan gaya dan konsep bangunan, seperti bangunan dengan gaya klasik, akan lebih bagus apabila ditampilkan dengan ornamen patung, ornamen ukiran, batu dan kayu.

Solusi yang paling tepat untuk mendekor teras yang nyaman adalah dengan tema. Tema yang natural akan membuat tampilan teras lebih alami dan asri. Jika Anda ingin menambah kesan mungil yang senada, gunakan warna tegel yang senada dengan warna dinding, tetapi pilih furnitur yang terkesan alami seperti kayu.

Adapun bagi Anda yang memiliki teras dengan lahan yang luas, tentunya tidak perlu pusing untuk mengatur ornamen. “Jika teras dibangun di lahan luas, maka bisa menjadi banyak fungsi. Seperti kita bisa menjadikan teras sebagai point of view terhadap bangunan kita.

Hal ini juga bisa digunakan di lahan yang sempit. Yang penting harus disesuaikan dengan kebutuhan,” tutur Wisnubrata. Furnitur juga harus diperhatikan dalam penataan teras, baik yang luas maupun lahan yang sempit.

BACA JUGA:

(Baca Juga: Ramalan Sifat Cucu Jokowi yang ke-2 Berdasarkan Penanggalan Jawa)

(Baca Juga: Perkenalkan Jare, Gadis Paling Cantik di Dunia)

Untuk menciptakan teras dengan gaya klasik, bisa dengan pemberian meja kursi tamu yang bergaya klasik dari bahan kayu. Anda juga tidak diwajibkan untuk meletakkan furnitur di dalamnya, tetapi kembali lagi pada kebutuhannya. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk teras Anda adalah pencahayaan.

Penggunaan atap skylight atau dengan penggunaan kisikisi kayu bisa dimanfaatkan untuk lebih memberikan efek cahaya matahari yang tidak berlebihan. Jadi, teras Anda tidak terasa panas saat bersantai pada siang hari.

“Untuk penerangan buatan seperti lampu, bisa dipilih sesuai dengan selera, seperti pemakaian hidden light agar terlihat lebih dramatis dan minimalis atau bisa juga pemakaian lampu gantung bergaya klasik,” lanjut Wisnubrata.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat teras, baik di lahan sempit maupun lahan yang luas adalah peletakan teras. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak mengganggu proses sirkulasi terhadap area luar bangunan, seperti tanah dan carpot .

Yang kedua perhatikan bahan material, dan sesuaikan dengan konsep rumah. Contohnya, jika bangunan bergaya tropis natural, pilihlah material teras yang memiliki gaya natural, seperti keramik batu alam dan batu granit.

Material ini juga berfungsi sebagai penyerap panas dan tidak memantulkan panas. Selain gaya yang bisa menonjolkan karakter teras, perpaduan warna yang menarik pun bisa dicoba.

 

Warna monokrom seperti cokelat dan hijau dapat membuat teras hunian Anda lebih bisa menyatu dengan alam dan terlihat sejuk. “Teras yang difungsikan untuk ruang santai, sebaiknya hindari penggunaan warna yang terlalu cerah, seperti merah dan kuning yang akan memberikan kesan dinamis,” sebut Wisnubrata.

Tampilan teras yang kecil bukan berarti tidak bisa diberikan karakter yang unik. Tetapi harus diingat pula bahwa jangan memberikan furnitur yang terlalu padat, bisa jadi tampilan teras akan terlihat lebih sempit dan menghilangkan keindahannya.

Memadupadankan furnitur yang pas seperti kursi dan meja ditambah dengan ornamen lampu, bisa membantu tampilan teras semakin lebih hidup. Untuk tampilan beranda di bagian depan Anda bisa memberikan karakter yang lebih natural dengan menggunakan elemen batu alam, seperti batu koral.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini