nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Terlalu Asin, Coba Tambahkan 7 Bahan Ini untuk Menyeimbangkan Rasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 19:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 01 298 1930451 makanan-terlalu-asin-coba-tambahkan-7-bahan-ini-untuk-menyeimbangkan-rasa-Hb6WHZHReD.jpg Garam (Foto: Timesofindia)

GARAM merupakan salah satu bahan masakan yang paling pokok untuk digunakan sehari-hari. Bisakah Anda membayangkan makanan tanpa menggunakan garam? Tentu rasanya jadi hambar dan tidak sedap disantap.

Namun sering kali karena terlalu bersemangat saat memasak, penggunaan garam jadi berlebihan hingga rasa masakan jadi keasinan. Lantas bagaimana mengatasi keadaan ini? Jangan khawatir dan tak perlu panik! 

Okezone kutip dari Times of India, Rabu (1/8/2018), ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasa asin dari kelebihan garam pada makanan tersebut, berikut pemaparan selengkapnya.

 BACA JUGA:

4 Masalah Kulit Mirip Jerawat yang Harus Kamu Waspadai

Cuka+gula

 

Untuk mengimbangi kelebihan garam, masukkan satu sendok teh cuka putih dengan satu sendok gula ke dalam masakan Anda. Niscaya rasanya akan menyatu dan tidak terlalu asin lagi.

Tomat

 

Anda dapat menambahkan tomat yang sudah dipotong halus atau pure tomat dan memasak selama beberapa menit lagi. Namun hal ini hanya bisa diterapkan dalam beberapa makanan.

Kentang

 

Potong beberapa kentang mentah dan taruh dalam makanan Anda. Irisan kentang akan menyerap garam yang berlebihan dari piring. Biarkan kentang tetap di piring selama sekitar 20 menit dan buang irisan kentang sebelum menyajikan hidangan.

Bawang bombai

 

Tambahkan bawang mentah dan masukkan ke dalam makanan Anda. Jangan lupa keluarkanlah setelah beberapa menit. Ini akan menetralisir kelebihan garam di piring. Namun masakan Anda tentu akan didominasi rasa bawang. Cara ini sepertinya cocok untuk masakan yang ditumis.

Santan

 

Santan bisa ditambahkan ke dalam beberapa menu makanan Anda untuk menetralisir kelebihan garam dan menyeimbangkan rasa hidangan.

 BACA JUGA:

Lahir Hari Rabu Pon, Ini Ramalan Sifat Cucu Jokowi yang ke-2 Berdasarkan Penanggalan Jawa

Adonan tepung

 

Buat bola kecil dari adonan tepung yang sudah dibasahi air hingga kalis dan masukkan ke dalam makanan dengan kandungan garam berlebih. Biarkan selama 10-15 menit. Bola adonan akan merendam garam berlebih dari piring. Keluarkan adonan tersebut sebelum disajikan.

Atau tambahkan satu sendok tepung ke dalam makanan yang kelebihan garam. Setelah 6-7 menit, tepung akan muncul di lapisan atas karena merendam kelebihan garam pada makanan berkuah.

Tambahkan berbagai bumbu lainnya

 

Perbaikan cepat lainnya adalah dengan menambahkan sayuran lain yang cocok dengan makanan Anda. Masak sampai semuanya bergabung dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini