nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Misteri Besar Tak Terpecahkan soal Bumi, dari Dinosaurus hingga Asal Namanya

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 09:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 02 196 1930663 6-misteri-besar-tak-terpecahkan-soal-bumi-dari-dinosaurus-hingga-asal-namanya-3vKwb7L19u.jpg Ilustrasi Bumi. (Foto: Reuters)

BUMI menjadi tempat tinggal manusia sejak berjuta-juta tahun lamanya. Kita pun sering mempelajari bagaimana bumi terbentuk di pelajaran biologi. Namun, bagaimana kenyataannya?

Mengutip Reader's digest, Jakarta, Kamis (2/8/2018), berikut ini misteri-misteri besar tentang planet Bumi:

Darimana asal air ?

Di galaksi ini, hanya bumi yang terbukti memiliki air. Bahkan, 70% permukaan bumi merupakan perairan, yang membuat planet ini bernama planet biru. Namun, dari mana asalnya?

Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa ketika planet Bumi terbentuk, sekitar empat setengah miliar tahun yang lalu, planet itu kering dan berbatu. Teori ilmiah paling populer menyatakan bahwa H2O tiba dalam bentuk beberapa asteroid besar yang dipenuhi es.

Teori lain menunjukkan bahwa air sebenarnya telah ada sejak Bumi terbentuk. Bumi pun berasal dari dari awan gas dan debu yang membentuk tata surya. Ini adalah misteri yang belum terpecahkan yang paling membingungkan tentang alam semesta.

Baca Juga: Akrab dengan Anjing di Rumah, Pesepakbola Mesut Ozil Kena Semprot Netizen Indonesia!

Bagaimana dengan oksigen?

Hal lain yang terbukti sangat menguntungkan bagi makhluk yang hidup di Bumi adalah oksigen. Oksigen berasal dari makhluk mikroskopis yang disebut cyanobacteria, yang melepaskan oksigen sebagai produk limbah, yang terjadi sekira 2,4 miliar tahun yang lalu. Namun, kejadian berikutnya masih kurang jelas.

Setelah itu, tingkat oksigen di atmosfer Bumi naik turun dengan liar, hingga akhirnya stabil sekira 540 juta tahun yang lalu. Sejak itu, oksigen stabil pada tingkat bernapas hari ini. Tapi, apa yang menyebabkannya tiba-tiba menjadi stabil? Inilah yang menjadi salah satu misteri terbesar.

Mungkinkah prediksi gempa bumi

Meskipun sudah banyak alat canggih digunakan, namun para ilmuan masih belum dapat menemukan cara untuk memprediksi gempa bumi secara akurat. Kita memang tahu bagaimana gempa bumi bisa terjadi. Gempa bumi sendiri, terjadi ketika batu-batu di bawah tanah retak dan mengirim gelombang seismik ke permukaan, tetapi kenapa itu terjadi atau bagaimana meramalkannya masih menjadi misteri.

Baca Juga: Surat Cinta untuk Putri Mungil Kahiyang Ayu, Bisa Bikin Kamu Mewek Usai Membaca

Apa yang sebenarnya terjadi pada dinosaurus?

Selama jutaan tahun, dinosaurus adalah penguasa dunia prasejarah, sayangnya hari ini mereka tidak lain adalah sumber daya tarik museum dan tontonan sinema. Sebenarnya, apa yang menyebabkan makhluk-makhluk besar ini harus berevolusi 65 juta tahun yang lalu?

Ada beberapa teori yang tersebar luas, salah satunya adalah bahwa asteroid raksasa menghantam Bumi, teori lainnya adalah serangkaian letusan gunung berapi yang dahsyat. Kedua teori itu menghasilkan output yang sama debu dan puing akan menghalangi matahari, yang memberi hidup seperti fotosintesis.

Selain itu, suhu Bumi juga akan melonjak karena efek gas rumah kaca di atmosfer. Baik asteroid dan hipotesis aktivitas vulkanik didukung oleh penemuan ilmiah yang signifikan.

Apa isi inti Bumi?

Meskipun ilmuan tampaknya telah berhasil menjelajahi bagian terdalam planet kita, tapi ternyata itu hanya permukaannya saja. Diperkirakan ada lebih banyak misteri di dalam bumi, tidak hanya di permukaannya, tapi juga di perut bumi.

Alasannya, tentu saja karena kondisi di bawah permukaan Bumi benar-benar tidak ramah. Kita tahu bahwa lapisan di bawah kerak, mantel, terdiri dari batuan silikat padat. Tetapi jantung planet kita tetap menjadi misteri.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa besi dan nikel membentuk lapisan terdalam Bumi. Namun, pada 1950-an, mereka menemukan bahwa unsur-unsur itu tidak cukup ringan untuk memperhitungkan kepadatan inti yang diukur dengan sendirinya.

Darimana nama Bumi ?

Inilah fakta yang dasar, Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya kita yang namanya tidak berasal dari dewa Romawi atau Yunani. Nama "Bumi" (earth) berasal dari kata Inggris Kuno dan Jerman untuk "tanah", tetapi tidak ada yang tahu secara pasti kapan dia diciptakan, atau oleh siapa.

Teori utama mengapa nama Bumi tidak juga berasal dari mitologi adalah bahwa orang-orang kuno tidak menyadari bahwa Bumi adalah planet seperti yang lainnya. Mereka berpikir bahwa planet-planet lain adalah benda-benda angkasa yang berputar di sekitar Bumi, dan menamakannya dengan tepat. Tidak ada bukti konkret untuk teori ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini